12 Kriteria Presiden Yang Baik, Sudah Tentukan Pilihanmu?

Jangan seperti membeli kucing dalam karung, pelajari beberapa kriteria presiden yang baik, sebelum menentukan pilihanmu


Calon Presiden Indonesia 2024

Presiden merupakan pemimpin tertinggi di negara Indonesia. Sebuah negara besar yang sedang berkembang dan berpotensi menjadi negara besar. Sebuah negara besar yang sangat kaya dan cantik. Sebuah negara besar dengan penduduk yang banyak pula. Sebuah negara besar yang mempunyai berbagai macam persoalan di dalamnya. Seorang presiden di Indonesia dituntut untuk mampu menyelesaikan berbagai macam persoalan di negara ini. Seorang presiden di Indonesia harus memiliki ‘jiwa kepemimpinan’ untuk memimpin negara yang sangat besar ini.

Di dalam kenyataan, tidak semua orang yang menduduki jabatan presiden memiliki kemampuan untuk memimpin atau memiliki ‘jiwa kepemimpinan’, sebaliknya banyak orang yang memiliki bakat kepemimpinan tetapi tidak pernah mendapat kesempatan untuk menjadi pemimpin dalam arti yang sebenarnya.

Terdapat banyak sekali kriteria presiden yang baik di Indonesia. Berikut beberapa kriteria presiden yang baik, diantaranya;

1. Selalu taat beragama

Indonesia adalah negara yang beragama. Seorang presiden haruslah menjadi panutan bagi rakyat. Seorang presiden yang taat menjalankan agama adalah seorang presiden yang selalu dekat dengan Allah.

Jika seorang manusia dekat dengan Allah, maka perbuatan-perbuatan tercela yang bertentangan dengan agama pastilah dihindari. Seorang presiden adalah seorang imam atau pemimpin. Seorang pemimpin pasti akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat.

“Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnya”.(HR. Bukhari Muslim).

Baca Juga:

2. Memiliki sifat amanah

Amanah berarti mampu menunaikan apa-apa yang dititipkan atau dipercayakan kepada seseorang. Amanah adalah sifat utama yang harus dimiliki oleh seorang presiden. Amanah yang diberikan oleh rakyat, harus dapat dipertanggungjawabkan oleh presiden kepada Allah dan kepada rakyat.

Setiap presiden tidak boleh menghianati apa-apa yang dititipkan atau dipercayakan kepadanya. Memangku jabatan sebagai presiden, berarti ada amanah yang harus dipertanggung jawabkan. Pada hakikatnya, kepemimpinan adalah amanat dan kepercayaan dari Allah yang diberikan kepada hambaNya untuk membawa kebaikan, hidup sejahtera dan keberkahan.

3. Ikhlas dalam memimpin

Presiden yang ikhlas dalam memimpin negara adalah presiden yang dalam melaksanakan pekerjaannya selalu berorientasi kepada ibadah semata. Presiden yang ikhlas adalah pemimpin yang selalu bersyukur kepada Allah, dan mudah memaafkan kesalahan orang lain yang telah berlaku zalim kepadanya. Presiden yang ikhlas, bukanlah presiden yang pendendam terhadap lawan-lawan politiknya.

4. Sabar dan tidak mudah marah

Seorang presiden haruslah selalu mampu bersikap sabar dan tidak marah. Banyak persoalan di Indonesia yang harus diselesaikan dengan tenang, jernih, penuh perenungan dan lain sebagainya.

Orang yang marah, tidak akan mampu mengambil keputusan yang baik. Keputusan yang diambil saat marah, merupakan pelampiasan emosi tanpa pikiran yang jernih. Nabi Muhammad berkata dalam salah satu hadis:

Dari Abdurrahman ibn Abu Bakrah, ia berkata: Abu Bakrah menulis surat untuk anaknya yang ketika itu berada di Sijistan yang isinya: Jangan engkau mengadili diantara dua orang ketika engkau marah, sebab aku mendengar Rasulullah  bersabda: Seorang hakim dilarang memutuskan antara dua orang ketika marah. (HR Bukhari)

4. Bertanggungjawab terhadap setiap perbuatan

Tanggung jawab adalah sebuah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang telah dilakukan baik disengaja maupun yang tidak disengaja. Presiden yang bertanggung jawab adalah pemimpin yang tidak melimpahkan kesalahannya kepada orang lain, berani mengakui kesalahannya di depan umum.

Kriteria presiden yang baik akan mau melakukan sesuatu hal untuk memperbaiki keadaan mejadi lebih baik demi rakyat. Selain kepada rakyat, seorang presiden juga harus  mempertanggungjawabkan kepemimpinannya kepada Allah.

5. Bersikap adil kepada rakyat

Keadilan merupakan salah satu harapan bagi rakyat Indonesia. Presiden yang adil adalah presiden yang tidak berpihak kepada siapapun dalam memutuskan atau menjalankan suatu hal. Presiden yang adil adalah juga seorang presiden yang mampu menerapkan keadilan bagi rakyatnya.

Sebaliknya, presiden yang tidak adil akan membawa kesengsaraan bagi rakyat. Akan banyak rakyat yang merasa terintimidasi oleh kebijakan yang dikeluarkan.

6. Cerdas dan pandai berdiplomasi

Presiden yang cerdas adalah presiden yang mengetahui dan menjalankan tindakan dengan baik dan benar. Presiden yang cerdas selalu berfikir untuk meminimalisir setiap kesalahan, dari program yang akan dia jalankan.

Presiden yang cerdas selalu berfikir jauh kedepan, tidak hanya berfikir sesaat dalam menjalankan programnya. Presiden yang cerdas, akan selalu berfikir mengenai dampak dari kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan kepada masyarakat.

Selain itu, kriteria presiden yang baik harus pandai berdiplomasi. Diplomasi sangat penting, apalagi menyangkut hubungan internasional. Dengan diplomasi yang baik, Indonesia akan menjadi negara yang dipercaya oleh negara-negara lain di dunia.

7. Bersikap kritis terhadap kondisi rakyat

Presiden yang kritis adalah presiden yang cepat tanggap dengan suatu hal yang dianggap membahayakan. Presiden yang kritis adalah presiden yang dapat cepat menangkap peluang yang ada untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

Presiden yang mampu berpikir secara kritis, akan membuat permasalahan dihadapi oleh rakyat  mudah dicari solusinya.

Baca Juga:

8. Mampu mengayomi rakyat

Presiden yang mempunyai sifat mengayomi, adalah tipikal pemimpin yang selalu melindungi segenap rakyatnya, sehingga masyarakat merasa aman dan terlindungi. Bukan hanya sebagai pengayom atau pelindung rakyat, presiden yang baik juga siap menerima dan menyalurkan aspirasi dari masyarakat dalam bentuk apapun.

Ibarat seorang bapak atau orang tua yang selalu menjadi pelindung anaknya. Presiden yang baik adalah selalu melindungi rakyatnya tanpa diskriminasi ataupun pilih kasih.

9. Memiliki pengalaman dan kemampuan memimpin yang baik

Kriteria presiden yang baik haruslah mempunyai jiwa kepemimpinan dan kemampuan memimpin yang baik. Kemampuan memimpin yang baik ini didapat dari pendidikan akademis dan pengalaman-pengalaman memimpin sebelumnya.

Seorang presiden haruslah orang yang sangat berpengalaman dalam suatu organisasi dengan basis massa yang besar. Jangan memilih presiden yang sebelumnya tidak pernah menjadi pemimpin masyarakat, karena kita tidak tahu bagaimana rekam jejak (track record) orang tersebut

10. Selalu berpihak kepada rakyat

Seorang presiden yang baik, tidak mementingkan kepentingan pribadi, parpol, golongan di atas kepentingan rakyat. Presiden yang baik haruslah selalu mengutamakan kepentingan rakyat di atas segalanya. Presiden yang baik harus rela berkorban demi rakyatnya.

Keberpihakan kepada rakyat, adalah hal yang mutlak untuk seorang presiden. Semua kebijakan ataupun keputusan yang akan dikeluarkan oleh prersiden, haruslah kebijakan yang berpihak kepada rakyat. Dan tentunya tidak ada kebijakan yang sengaja dibuat hanya untuk kepentingan pribadi ataupun suatu golongan tertentu.

11. Memiliki kemampuan sebagai pemersatu setiap perbedaan

Indonesia adalah negara yang sangat luas. Dengan berbagai macam suku bangsa, bahasa, golongan, agama dan adat istiadat. Perbedaan yang sangat banyak tersebut, tidak jarang menimbulkan konflik sesama masyarakat Indonesia.

Kriteria presiden yang baik harus mampu meredam berbagai macam gejolak konflik perbedaan. Seorang presiden harus mampu berperan sebagai mediator untuk penyelesaian konflik di masyarakat.

Baca Juga:

12. Memiliki semangat pantang menyerah dan tidak takut ancaman

Indonesia adalah negara yang sangat besar. Negara berkembang yang mempunyai banyak masalah. Baik itu yang berasal dari dalam maupun dari luar Indonesia. Perlu waktu yang lama untuk memperbaki keadaan negara ini. Selain itu juga dibutuhkan kesabaran dari presiden negara ini untuk memperbaiki kondisi masyarakat Indonesia.

Kriteria presiden yang baik adalah pemimpin yang sabar dan tidak pantang menyerah dalam menyelesaikan berbagai macam problema masyaraat Indonesia, dan tentunya tidak gentar akan ancaman dari negara lain jika berbahaya bagi kedaulatan negara Indonesia.

Untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik, tentunya bukanlah hanya tugas presiden semata. Presiden seorang diri tidak akan mampu untuk memperbaiki kondisi Indonesia saaat ini. Semua masyarakat Indonesia mempunyai tanggung jawab yang sama besarnya.

Dan pada akhirnya, semua manusia di dunia tidak ada yang sempurna. Seorang pemimpin negara adalah juga seorang manusia biasa. Seorang pemimpin negara juga dapat berbuat kesalahan.

Sekarang, Siapa pilihanmu setelah membaca artikel tentang kriteria presiden yang baik?

Baca Juga: 3 Contoh Toleransi Politik, Sebagai Bagian dari Etika Dalam Berpolitik


Like it? Share with your friends!