Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan ini Jadi Penyebab Bibir Menjadi Hitam!


Ilustrasi bibir gelap (pexels,com/olly)

Bibir menggelap atau menghitam, menjadi salah satu permasalahan kecantikan yang bisa bikin kepercayaan diri menurun, apalagi ketika tidak menggunakan makeup. Perlu diketahui, bahwa ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat menjadi penyebab bibir menjadi hitam lho.

Kebiasaan ini sering kali dilakukan tanpa disadari, sehingga penting untuk mengetahuinya agar kamu bisa menghindarinya dan mendapatkan bibir yang lebih cerah dan sehat. Nah, berikut kebiasaan tanpa disadari tersebut yang wajib kamu hentikan segera mungkin.

1. Sering menggigit bibir

Apakah kamu termasuk orang yang punya kebiasaan menggigit bibir, terutama saat stres atau cemas? Kebiasaan ini mungkin tampak sepele, tetapi faktanya bisa merusak jaringan bibir dan membuat bibir menjadi kering, bahkan gelap lho.

Bibir merupakan area kulit yang sensitif. Terlalu sering menggigit bibir, tidak hanya merusak jaringan yang menyebabkan bibir gelap, tetapi juga menyebabkan luka yang rentan terhadap infeksi. Mulai sekarang, segera hindari kebiasaan ini ya.

Baca Juga:

2. Kurang minum air putih

Dehidrasi tidak hanya membuat kulit menjadi kering dan kusam,  tetapi juga membuat bibir kering dan pecah-pecah. Akibatnya, warna bibir berubah menjadi lebih gelap.

Agar tidak terjadi, pastikan kamu minum air putih yang cukup setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kelembapan bibir. Usahakan dua liter atau sekitar delapan gelas air putih setiap harinya.

3. Terlalu sering terpapar sinar matahari

Sinar matahari diketahui bagus untuk kesehatan, tetapi jika terkena paparan sinar matahari tanpa perlindungan yang cukup justru dapat menyebabkan masalah serius.  Paparan sinar matahari, dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada bibir, sehingga bibir menjadi lebih gelap, bahkan bisa terkena kanker bibir.

Supaya terhindar dari bahaya tersebut, kamu wajib menggunakan lip balm yang tidak hanya melembapkan bibir, tetapi juga mengandung SPF minimal 15 untuk melindungi bibir dari sinar UV. Pastikan kamu teliti dalam membeli lip balm agar bibir mendapatkan manfaat dan perlindungan lebih.

4. Melewatkan pelembab bibir

Sama seperti kulit wajah, bibir juga membutuhkan pelembab untuk menjaga kesehatannya, apalagi jika kamu menggunakan lipstik setiap hari. Supaya warna alami bibir tetap terlihat, gunakan lip balm atau lip moisturizer secara rutin, terutama pada cuaca panas atau kering.

Ini juga bertujuan untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah yang dapat menyebabkan bibir menjadi gelap. Selain itu, jangan lupakan pemakaian scrub, setidaknya dua kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir dan membuat bibir lebih lembut.

5. Malas membersihkan sisa lipstik

Sisa lipstik yang menempel di bibir dalam waktu lama dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bibir menjadi gelap. Sebab, bahan kimia lipstik mengandung pigmen yang jika dibiarkan menempel pada permukaan bibir dalam waktu lama, dapat menumpuk dan membuat bibir lebih gelap.

Pastikan kamu selalu membersihkan sisa lipstik dengan makeup remover yang tidak mengandung bahan-bahan keras sebelum tidur.

6. Memilih kandungan lipstik sembarangan

Membeli beragam lipstik untuk membuat bibir menjadi merona boleh-boleh saja, tapi jangan abaikan kandungan lipstiknya. Beberapa kandungan lipstik, mengandung bahan kimia cukup keras, yang bisa merusak bibir, seperti kering dan iritasi.

Hindari lipstik dengan kandungan ricinoleic acid, logam, dan dipentaerythritol fatty acid, sebab dapat memberikan reaksi alergi dan menghitamkan bibir. Baiknya, pilih lipstik dengan kandungan alami seperti minyak kelapa.

Baca Juga:

7. Terlalu sering mengkonsumsi kafein

Bagi penggemar kafein, seperti kopi maupun teh, mulai sekarang kamu wajib menghindari keduanya jika tidak ingin bibir berubah warna menjadi hitam. Pasalnya, kafein diketahui dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh, yang merupakan mineral penting untuk kesehatan bibir.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan bibir pucat dan kering, yang lama kelamaan dapat mengubah bibir menjadi gelap.

Dengan menghindari kebiasaan yang  jadi penyebab bibir menjadi hitam di atas, kamu dapat menjaga kesehatan dan kecantikan bibirmu, sehingga bibir selalu terlihat merah merona alami. Pastikan juga kamu menjaga pola hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat bergizi, dan melakukan perawatan bibir secara rutin ya.

Baca Juga: 5 Penyebab Bibir Kasar dan Kering

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer