Resep Mango Cake Manis dan Lembut, Cocok Buat Musim Panas!


Mango cake (source: cookpad)

Jika kamu membayangkan buah mangga, pasti dibenak kamu adalah buah yang berwarna kuning keemasan, sudah matang, dan rasanya segar manis.

Selain itu memang mangga identik dengan rujak ataupun jus. Namun, dewasa ini mangga juga nikmat diolah jadi beragam variasi kue. Salah satunya kreasi mango cake. Kue ini terbuat dari dasar berupa kue dengan lapisan krim dan buah mangga di atasnya.

Penasaran? Yuk simak resep mango cake manis dan lembut

Bahan-bahan

1.Untuk Kue

  • Telur 2 butir
  • 2 sendok makan Bubuk Roti
  • 4 gelas Tepung terigu
  • 1/4 sendok teh
  • 5 sendok makan Gula
  • 100 g mentega
  • 1 sendok teh Esensi vanila
  • 1 sendok teh jus jeruk nipis
  • ½ cangkir susu untuk krim kocok
  • 1 gelas white crim
  • Mangga potong dadu
  • 1 sdm ekstrak vanila

2.Untuk Tepung Mangga

  1. 500 gram Mangga  (potong-potong)
  2. 4 butir kuning telur
  3. 3 sendok gula
  4. Garam
  5. 3 sdm Jus jeruk nipis
  6. ¼ sendok Minyak zaitun

Cara membuat mango cake

Untuk membuat mango cake, ada tiga tahapan yang harus dilakukan. yaitu:

1. Membuat kue

  1. Ambil wadah panci dan lumurkan mentega di sisi dan bagian bawah. Semprotkan tepung dengan baik. Panaskan oven pada suhu 180 derajat celcius.
  2. Ambil mangkuk campur dan kocok yang berisi tepung, baking powder dan garam. Di sisi lain, tambahkan mentega dan gula ke dalam blender untuk membuat campuran lembut.
  3. Tambahkan kuning telur pada satu waktu dan kocok dengan baik sebelum menambahkan yang baru. Campur dengan baik dan tambahkan ekstrak vanili, susu dan air jeruk nipis. Kocok dengan baik untuk menggabungkan semua bahan sekaligus dan membuat campurannya mengembang.
  4. Tambahkan campuran tadi ke campuran tepung dan aduk semuanya dengan baik. Kemudian tuangkan campuran ke dalam wajan kue yang telah Anda simpan tadi.
  5. Panggang kue selama 20-25 menit di dalam oven yang telah dipanaskan dulu. Kemudian tes dengan tusuk gigi untuk memeriksa apakah kue sudah siap.
  6. Biarkan kue benar-benar dingin di rak kawat.

2. Membuat mango

  1. Ambil potongan mangga, garam dan air jeruk nipis ke dalam blender dan aduk rata.
  2. Tambahkan kuning telur dan aduk lagi hingga rata. Saring campuran itu dalam mangkuk besar dan masukkan ke dalam semangkuk air sampai mendidih.
  3. Aduk sesekali untuk membuat campurannya kental.
  4. Bila Anda mendapatkan konsistensi yang benar, keluarkan dari panas dan tambahkan minyak zaitun. Tutup kembali dan simpan di dalam kulkas semalam.

3. Mencampur adonan kue dan mango

  1. Ambil mangkuk dan kocok semua bahannya, kecuali potongan mangga, untuk membuat whipped cream.
  2. Potong kue ke dalam lapisan dan letakkan satu lapisan di piring saji. Sebarkan potongan mangga dengan baik di lapisan atas lalu lapis dengan beberapa whipped cream.
  3. Tempatkan potongan mangga cincang di atasnya dan tutupi dengan lapisan lain. Ulangi prosesnya dan akhirnya tutupi seluruh kue dengan mangga yang menyebar lalu dikocok krim.
  4. Dinginkan dan sajikan dingin

Walaupun langkah membuat mango cake ini agak panjang, namun pengorbanan kamu dijamin tidak sia-sia. Jika sudah berhasil, hasilnya pasti enak dan segar. Selamat mencoba!

Baca Juga:


Explorer