Pikirkan dengan Matang! Pertimbangkan 7 Hal Ini Sebelum Balikan Dengan Suami Yang Selingkuh


Ilustrasi suami yang selingkuh (pexels.com/alex-green)

Perselingkuhan suami, tentu meninggalkan luka yang begitu mendalam bagi seorang istri. Namun, dibalik luka tersebut, terkadang terselip keraguan dan pertanyaan yang menghantui istri yang diselingkuhi. Seperti, “haruskah memaafkan dan kembali padanya?”, “Apakah dia benar-benar menyesal dan bisa berubah?”, “Apa yang terbaik untuk masa depanku dan anak-anak?”, dan yang lainnya.

Sebelum memutuskan untuk balikan dengan suami yang selingkuh, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan dengan seksama. Berikut beberapa hal yang bisa membantu anda mempertimbangkan dengan matang:

1. Memahami alasan suami selingkuh

Langkah pertama yang wajib dipertimbangkan sebelum balikan dengan suami yang selingkuh adalah memahami akar permasalahan perselingkuhan. Coba renungkan dengan baik, apa alasan suami selingkuh? Apakah karena kurangnya komunikasi, rasa bosan, kurangnya saling mengerti, atau adanya pengaruh dari pihak luar.

Memahami dengan jelas alasan suami selingkuh akan membantu Anda menentukan apakah akar permasalahannya bisa diatasi dan memungkinkan atau tidak untuk kembali.

Baca Juga:

2. Mendengar pengakuan dan penjelasan suami

Berikan suami Anda satu kesempatan untuk menjelaskan alasan suami selingkuh dan lihat kesungguhan dia dalam menebus kesalahannya. Dengarkan dengan seksama dan jangan segan mengajukan beberapa pertanyaan krusial untuk mendapatkan pemahaman dan pertimbangan yang lebih mendalam.

Perhatikan apakah dia benar-benar menyesal dan bertekad untuk berubah. Biasanya, gestur dan mimik wajah bisa menjelaskan segalanya.

3. Menilai kesungguhan suami untuk berubah

Perubahan tidak terjadi secara instan, atau dalam sekejap mata. Artinya, harus melihat bagaimana suami Anda menunjukkan kesungguhannya untuk berubah dan itu membutuhkan proses yang panjang.

Apakah dia mau mengikuti konseling pernikahan? Apakah dia berusaha terus meminta maaf padamu? Apakah dia berusaha untuk lebih terbuka dan komunikatif? Apakah dia berusaha untuk membangun kembali kepercayaan Anda?

Coba nilai semua ini dengan teliti.

4. Memikirkan dampak emosional pada diri sendiri

Perselingkuhan dapat meninggalkan luka emosional yang mendalam. Biasanya, juga akan menimbulkan trust issue pada pasangan dan merasa diri tak pantas lagi untuk dicintai.

Jadi, sebelum memutuskan untuk kembali, coba tanyakan beberapa pertanyaan ini. Apakah Anda sudah berdamai dengan keadaan dan diri sendiri? Apakah sudah siap untuk memaafkan kesalahan suami? Apakah yakin bisa kembali mempercayainya sepenuhnya?

5. Memikirkan dampak besar untuk anak-anak

Jika Anda memiliki anak, pertimbangkan bagaimana perselingkuhan akan memengaruhi mental mereka. Apalagi, terkadang akibat perselingkuhan menimbulkan pertengkaran yang dapat dilihat langsung oleh anak.

Nah, kira-kira apakah mereka sudah mengetahui apa yang terjadi? Apakah mereka melihat pertengkaran kalian dan bagaimana reaksi mereka? Apakah mereka siap untuk melihat kembali ayah mereka sebagai sosok yang dapat dipercaya dan mengayomi?

6. Mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang

Balikan dengan suami yang selingkuh berarti memungkinkan Anda mengambil risiko untuk menghadapi situasi yang sama di masa depan. Apakah Anda siap untuk menanggung risiko tersebut kembali? Apakah Anda yakin bahwa suami tidak akan mengulangi kesalahan yang sama?

Cobalah pikirkan baik-baik risiko ini, jangan sampai perselingkuhan terjadi kembali dan Anda harus mengalami pil pahit rumah tangga kedua kalinya.

Baca Juga:

7. Dapatkan dukungan orang terdekat

Terakhir, coba biarkan dengan orang-orang terdekat yang Anda percaya dan sayangi, seperti keluarga, sahabat, atau terapis. Mintalah saran dan dukungan penuh dari mereka dalam proses pengambilan keputusan ini.

Sebab, kacamata orang terdekat terkadang bisa lebih netral dan bijaksana untuk membuatmu lebih yakin dalam mengambil keputusan terbaik.

Memutuskan untuk balikan dengan suami yang selingkuh adalah keputusan yang tidak mudah dan membutuhkan pertimbangan yang panjang. Pertimbangkan semua aspek dengan matang dan jangan terburu-buru agar kejadian yang sama tidak terulang lagi padamu.

Baca Juga: 7 Cara Berkelas Menyikapi Pasangan yang Selingkuh

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer