Perhatikan! 8 Tips Mudik Naik Motor Agar Aman dan Selamat Sampai Kampung Halaman


Ilustrasi mudik naik motor (dok. antara)

Menjelang hari Raya Idulfitri, motor masih menjadi primadona kendaraan yang banyak digunakan untuk pulang ke kampung halaman. Meski pemerintah telah menghimbau untuk tidak menggunakan motor, faktanya pengguna transportasi satu ini masih banyak. Lantas, perlunya tips mudik naik motor agar perjalanan aman, nyaman, dan selamat sampai kampung halaman.

Meski sebetulnya cukup berisiko tinggi, tetapi banyak yang menggunakan motor dengan berbagai alasan agar bisa bertemu sanak saudara di kampung. Seperti lebih hemat, mudah, dan belum memiliki kendaraan mobil sendiri.

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan agar mudik naik motor berjalan lancar? Berikut delapan tips yang wajib diketahui.

1. Cek kondisi kendaraan sebelum berangkat mudik naik motor

Agar perjalanan mudik naik motor aman dan lancar, pastikan kamu cek kondisi motor sebelum berangkat. Mulai dari mesin, oli, roda motor, bensin, lampu, dan lain sebagainya dengan diteliti keseluruhan.

Segera bawa kendaraanmu ke bengkel untuk diperiksa dengan ahlinya. Jika menemukan adanya kerusakan, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru agar perjalanan berjalan aman dan terhindar dari risiko kecelakaan di perjalanan mudik.

Baca Juga:

2. Persiapkan surat-surat berkendara

Kamu juga wajib mempersiapkan surat-surat berkendara seperti SIM dan STNK sebelum melakukan perjalanan untuk mengantisipasi jika ada pemeriksaan oleh pihak berwajib. Taruh keduanya di tempat yang terjangkau dan mudah diambil, seperti dompet.

Pastikan juga kamu cek ulang SIM dan STNK sebelum berangkat mudik ya. Jangan sampai SIM milikmu sudah mati, dan belum bayar pajak STNK atau bahkan kedua surat-surat ini tertukar dengan keluargamu. Bisa bahaya.

3. Bawa perlengkapan berkendara yang lengkap

Pastikan kamu membawa perlengkapan berkendara yang lengkap untuk menunjang perjalananmu lebih aman dan nyaman. Kenakan helm, jaket, jas hujan, sarung tangan, sepatu, dan juga masker, untuk melindungimu dari polusi, debu, hujan, dan panas matahari.

Lagipula, menggunakan helm juga bisa bantu mengantisipasi dari kemungkinan buruk yang bisa terjadi di perjalanan. Untuk perlengkapannya, tidak wajib membeli barang yang mahal, cukup cari barang yang akan membuatmu nyaman selama perjalanan.

4. Kenali rute perjalanan

Sebelum berangkat, tak ada salahnya untuk cek rute perjalananmu dengan mempelajarinya. Kamu bisa mencari tahu informasi detailnya melalui internet, media sosial atau bahkan televisi yang menyiarkan berita seputar mudik.

Cermati dan pelajari baik-baik, kemudian pilih rute yang sekiranya aman untuk dilewati dan sesuai dengan kemampuan berkendara. Dengan begini, kamu bisa lebih mudah melakukan perjalanan tanpa takut nyasar dan bisa memperkirakan berapa lama waktu yang akan ditempuh.

5. Persiapkan kondisi fisik

Perjalanan mudik naik motor membutuhkan waktu yang lama, tentunya ini akan menguras fisik cukup banyak. Maka dari itu, pastikan kondisi fisik dalam keadaan sehat dan prima agar perjalanan bisa berjalan aman, nyaman dan lancar.

Sebelum berangkat, pastikan mengisi perut dengan makan, minum vitamin, cukupi air putih, hindari kafein dan gula berlebih. Kemudian, saat di perjalanan beristirahatlah di tempat nyaman seperti area istirahat umum, mushola, atau masjid.

Usahakan beristirahat setiap dua jam atau dua setengah jam sekali dengan makan, minum, tidur, dan beribadah agar tubuh kembali fit dan sehat. Jangan memaksakan berkendara ketika tubuh mulai lelah, demi menghindari kecelakaan yang bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

6. Hindari membawa banyak barang

Pengemudi disarankan untuk tidak membawa banyak barang demi menjaga keseimbangan dan keselamatan selama mudik naik motor. Pastikan hanya membawa barang yang diperlukan saja selama berkendara ya agar duduk pun bisa lebih nyaman.

Kamu bisa menaruh barang dalam satu tas agar praktis, mudah dibawa dan tidak memakan banyak tempat. Selain itu, jika berniat membawa penumpang, cukup membawa satu orang saja agar tidak menambah kerepotanmu saat berkendara dan menghindari risiko ketidakamanan.

7. Bawa obat-obatan

Kejadian tak terduga bisa saja terjadi saat kamu berkendara, seperti mendadak sakit. Oleh karena itu, cobalah membawa obat-obatan penting seperti obat mual, minyak angin, obat demam, obat lambung, vitamin, dan yang lainnya.

Ketika tubuh menunjukkan kondisi yang tak sehat, segera menepi untuk beristirahat, makan, minum obat, dan tidur. Kamu bisa melakukan kembali perjalanan jika tubuh terasa lebih baik.

Baca Juga:

8. Patuhi rambu lalu lintas

Terakhir, pastikan selalu mematuhi rambu lalu lintas yang berlaku demi terhindar dari kecelakaan. Patuhi semua rambu yang ada, seperti tidak menerobos lampu merah, mengebut, menyalip kendaraan besar, berkendara di atas trotoar, hingga menerobos palang pintu kereta.

Pelanggaran-pelanggaran tersebut sangat membahayakan keselamatanmu juga keselamatan para pengendara lainnya. Ikuti saja aturan lalu lintas yang berlaku, agar selamat sampai kampung halaman.

Selain delapan tips mudik naik motor yang dijelaskan di atas, jangan lupa untuk senantiasa berdoa pada Tuhan agar diberi kelancaran selama mudik naik motor ya. Selamat mudik semuanya!

Baca Juga: 6 Tips Mudik Aman dan Nyaman Bersama Anak Selama Perjalanan dengan Mobil Pribadi

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor