Menikmati Eksotisme Deburan Ombak di Pantai Cipatujah Tasikmalaya


Pantai Cipatujah Tasikmalaya (alkhabaar.com)

Tasikmalaya menyimpan keindahan wisata pantai yang sangat luas dan terkenal dengan ombaknya yang besar. Salah satunya adalah pantai Cipatujah Tasikmalaya.

Pantai Cipatujah, terletak di Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Pantai Cipatujah merupakan pantai berkarang yang kaya akan terumbu-terumbu untuk ikan-ikan bertelur dan berkembang biak.

Pantai ini merupakan pantai terlebar dan terpanjang di kawasan Pantai Selatan Jawa. Pantai Cipatujah menawarkan pasir besi yang sangat baik untuk berjemur dan melakukan berbagai aktivitasi rekreasi pantai lainnya.

Sebelum kamu mengunjungi Pantai Cipatujah Tasikmalaya, simak dulu informasi terkini berikut.

Keindahan alam Pantai Cipatujah Tasikmalaya

Pantai Cipatujah Tasikmalaya merupakan pantai terpanjang di Pantai Selatan. Deburan ombak di objek wisata Pantai Cipatujah terkenal cukup besar. Pantai ini memiliki terumbu karang yang biasa dimanfaatkan ikan untuk bertelur, hamparan pantainya cukup landai. Selain itu, pantai Cipatujah juga memiliki pasir putih sehingga sangat baik digunakan untuk aktifitas bermain di pantai atau berjemur.

Panorama yang disuguhkan oleh tempat wisata yang indah di Tasikmalaya ini cukup memanjakan para wisatawan, di pantai ini kita bisa melihat perpaduan antara deburan ombak laut yang besar, pantainya yang landari dan perkebunan kelapa yang luas dan subur.

Kegiatan wisata yang bisa dilakukan adalah memancing. Lokasi tempat memancing biasanya dilakukan di muara sungai Cipatujah. Selain memancing, aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Cipatujah diantaranya voli pantai, sunbathing, dan lain-lain.

Baca Juga:

Atraksi Balap Kerbau dan larung sesaji

Pantai Cipatujah memiliki area yang sangat luas, yakni sekitar 115 hektare, sehingga warga sekitar sering memanfaatkannya untuk menggembalakan ternak mereka. Selain menggembalakan ternaknya, mereka sesekali mengadakan balap kerbau yang diiringi tabuhan khas sunda, rampak kendang ditambah angklung.

Balap kerbau sebenarnya acara para peternak kerbau dalam mengisi kebutuhan rekreasi mereka disaat-saat senggang. Namun even balap kerbau ini mampu menarik perhatian wisatawan pada setiap balap kerbau dilangsungkan. Para wisatawan dan peternak berkerumun juga berinteraksi di tengah-tengah kumpulan kerbau. Tidak heran kalau aktivitas ini juga dinamakan “kumpul kebo”.

Setiap tahun juga, masyarakat setempat mengadakan acara larung sesaji atau hajatan laut sebagai bentuk syukur atas karunia Tuhan. Acara ini juga berfungsi untuk memohon keselamatan bagi nelayan yang bekerja di laut Cipatujah

Fasilitas Objek Wisata Pantai Cipatujah

Fasilitas yang tersedia di objek wisata Pantai Cipatujah Tasikmalaya antara lain:

  • Balawista
  • Gazebo
  • Kios, warung makanan dan tempat makan keluarga
  • Panggung hiburan
  • Pondok wisata dan penginapan di sekitar pantai
  • Tempat makan keluarga
  • Tempat parkir yang cukup luas

Baca Juga:

Tiket masuk dan akses menuju pantai Cipatujah Tasikmalaya

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Cipatujah, tiket masuk hanya sebesar Rp5 ribu rupiah.

Jarak Pantai Cipatujah dari Tasikmalaya jaraknya kurang lebih 74 kilometer, sedangkan dari Bandung adalah sekitar 179 kilometer dapat ditempuh dengan kendaraan umum dari Bandung menuju terminal Tasik menggunakan bis, kemudian dilanjutkan ke lokasi Pantai Cipatujah.

Sedangkan jika membawa kendaraan pribadi dari Arah Bandung dan Jakarta, kamu bisa keluar tol Cileunyi. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Tasikmalaya melalui jalur Nagreg. Setelah sampai di Tasikmalaya, ikuti jalan berliku menuju Cipatujah

Pengunjung Pantai Cipatujah kerap membawa keluarganya untuk berlibur sambil menikmati kebersamaan, makan bersama di tepi pantai disaksikan deburan ombak besar. Jadi jangan lewatkan liburan akhir pekan ke Pantai Cipatujah Tasikmalayayang indah bersama keluarga tercinta.

Baca Juga: 7 Wisata Pantai di Semarang, Eksotis dan Romantis!