Lebih Aman di Suhu Ruangan! Berikut 7 Bahan Makanan Yang Tidak Boleh Disimpan di Kulkas


Ilustrasi bahan makanan yang tidak boleh disimpam di kulkas (klikdokter)

Lemari es atau kulkas merupakan fasilitas listrik pendingin yang berguna dalam mendinginkan, membekukan serta mengawetkan makanan maupun minuman. Kulkas menjadi salah satu kebutuhan rumah tangga yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Kendati demikian, tidak semua bahan makanan bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Ada beberapa jenis makanan yang “haram” bila disimpan dalam kulkas. Bila dipaksakan, bahan makanan ini justru dapat mempercepat pembusukan atau bahkan dapat berbahaya bila dikonsumsi.

Berikut beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas.

1. Bawang

Baik bawang merah maupun bawang putih yang disimpan di dalam kulkas, justru akan mudah lembek serta berjamur. Selain itu, makanan yang diletakkan dekat dengan bawang akan ikut berbau bawang. Hal ini karena bawang memiliki aroma yang cepat menyebar ke seluruh area kulkas. Bawang paling baik di tempat yang kering, sejuk, serta tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Baca Juga:

2. Kentang

Menyimpan kentang dalam lemari es dapat menyebabkan terjadinya perubahan rasa. Pati yang terkandung dalam kentang akan terurai menjadi gula dan membuat kentang menjadi manis ketika dimasak. Selain itu, kentang yang disimpan dalam kulkas cenderung mengalami perubahan tekstur yang menjadi lembek. Penyimpanan kentang yang paling baik yaitu dalam kering, sejuk, gelap serta dibungkus dengan kertas.

3. Tomat

Menurut penelitian yang dimuat oleh laman kesehatan Mercola yang dilansir CNN Indonesia, tomat yang disimpan dalam kulkas akan mengalami perubahan struktur kimiawi. Hal tersebut berdampat terhadap berkurangnya dari manfaat tomat.

Selain itu, citarasa tomat akan menghilang. Bahkan tomat yang disimpan dalam lemari es terlalu lama, justru dapat membuat tomat tidak matang. Sebaiknya, tomat disimpan pada suhu ruang dan dibiarkan matang secara alami.

4. Pisang dan alpukat

Suhu dingin dalam kulkas, justru dapat membuat pisang dan alpukat yang belum matang sulit mencapai kematangannya bahkan bisa menyebabkan kerusakan seperti menghitam setelah dibiarkan di suhu ruang. Pisang dan alpukat adalah buah tropis yang memiliki pertahanan lemah terhadap udara dingin. Jadi bila diletakkan pada udara dingin, buah pisang dan alpukat justru akan lebih mudah rusak.

5. Kopi

Hindari menyimpan kopi di dalam kulkas. Hal ini dikarenakan kopi dapat menyerap berbagai bau yang mana mengakibatkan cita rasa kopi akan menghilang. Ada baiknya bila kopi disimpan di dalam toples dengan suhu ruangan.

6. Roti

Tidak sedikit yang menyimpan roti di dalam kulkas untuk mencegah munculnya jamur. Namun faktanya, menyimpan roti dalam kulkas justru dapat membuat roti mengalami perubahan tekstur menjadi keras dan rasanya menjadi hambar.

7. Madu

Madu murni sejatinya adalah pengawet alami yang tidak memerlukan bantuan kulkas. Menyimpan madu di dalam kulkas hanya akan membuatnya mengkristal dan sulit digunakan. Simpan saja di tempat yang kering dan sejuk.

Baca Juga:

8. Saus

Jika disimpan di kulkas, rempah-rempah yang ada di dalam saus dapat membusuk, sebaiknya saus disimpan di suhu ruangan, meskipun di suhu ruangan saus pun dapat bertahan lama.

Nah, itu dia beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas. Ingat, kadang-kadang suhu ruangan adalah tempat terbaik untuk menjaga kesegaran dan rasa makananmu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Manfaat Bayam Brazil untuk Kesehatan dan Kecantikan


Explorer