Ingin Sehat dan Cantik? Berikut 7 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan


Minyak zaitun (pixabay.com/Van3ssa)

Olive oil atau minyak zaitun adalah sebuah minyak yang didapatkan dari buah zaitun dan mempunyai beberapa jenis. Dipasaran sendiri setidaknya ada 3 jenis minyak zaitun, mulai dari minyak zaitun biasa, virgin, dan extra virgin. Untuk membedakan setiap jenis tersebut dapat dilihat dari proses pengolahan dan juga kualitas buah zaitun yang diperas untuk diambil minyaknya.

Didalam minyak zaitun terdapat berbagai kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun selain itu minyak alami ini juga kerap dimanfaatkan untuk perawatan tubuh seperti kecantikan kulit dan rambut.

Nah berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Sebagai pembersih make up

Jika Anda kehabisan pembersih make up dan di dapur ada minyak zaitun, Anda bisa menggunakan minyak tersebut untuk menghapus sisa-sisa make up di wajah. Banyak merek kosmetik yang kini membuat produk cleansing oil (minyak pembersih) untuk “mencuci wajah”. Cleansing oil tersebut terbuat dari minyak-minyak alami, salah satunya adalah minyak zaitun.

Minyak pembersih dari minyak zaitun ini dapat digunakan untuk menghilangkan make up dengan mudah. Minyak zaitun bebas bahan kimia paraben yang berbahaya, dan tidak melenyapkan minyak alami di wajah. Namun, hati-hati jika Anda masih memakai lensa kontak ketika menggunakan minyak zaitun sebagai cleansing oil, karena dikhawatirkan minyak akan mengendap di lensa kontak.

Baca Juga:

2. Minyak zaitun bisa digunakan sebagai masker

Manfaat minyak zaitun untuk wajah bisa pula didapatkan dengan menggunakannya sebagai masker. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun extra virgin (murni) ke wajah. Atau bisa juga dengan mencampur dua sendok teh cuka sari apel, satu sendok teh minyak zaitun, dan satu sendok teh madu. Lalu, oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk bersih.

3. Melembapkan kulit dan mengurangi keriput

Minyak zaitun mengandung squalene dan vitamin E yang membantu menjaga kelembapan kulit. Squalene mengunci air di kulit, sementara vitamin E meningkatkan kemampuan kulit menyerap air. Dengan kedua peran ini, minyak zaitun menjaga kulit tetap terhidrasi.

Efek minyak zaitun ini baik untuk kulit wajah karena selain dapat menjaga kelembapan kulit, kandungan nutrisi dan antioksidan di dalam minyak zaitun dapat memelihara kesehatan kulit dan membantu mengurangi keriput.

4. Melindungi dari penyakit kanker

Menurut salah satu penelitian, minyak zaitun bahkan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan kanker termasuk kanker kulit, dan menangkal dampak sinar matahari pada kulit. Efek ini diduga terkait dengan antioksidan dan antiradang yang terkandung di dalam minyak zaitun. Akan tetapi, manfaat minyak zaitun secara klinis untuk kanker masih perlu pembuktian lebih lanjut.

5. Membuat kulit menjadi halus dan cerah

Zat antioksidan dan antiradang yang ada dalam minyak zaitun diduga dapat membuat kulit menjadi halus dan lebih cerah. Selain dioleskan ke kulit, mengonsumsi minyak zaitun juga dapat memberi kamu manfaat antioksidan, yaitu untuk melawan radikal bebas serta mengatasi peradangan yang menyebabkan munculnya kerutan dan mengurangi kekencangan kulit.

6. Mengurangi jerawat

Minyak zaitun memiliki efek antibakteri, sehingga membantu mengurangi jerawat. Cuci wajah dua kali sehari dengan sabun yang mengandung minyak zaitun untuk hasil maksimal. Minyak zaitun juga memiliki sifat antiinflamasi, yang membantu meredakan nyeri dan peradangan akibat jerawat.

Minyak zaitun juga dapat membantu membersihkan pori-pori wajah, dan mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat. Hebatnya lagi, kandungan antioksidan dalam minyak zaitun membantu memperbaiki kulit dan mengurangi bekas jerawat.

Baca Juga:

7. Mengobati penyakit kulit

Manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh diduga juga bisa diterapkan untuk mengobati eksim (kulit merah dan gatal), psoriasis (kulit merah dan terkelupas), serta infeksi jamur (kurap atau ringworm, jamur di lipatan tubuh, dan panu). Namun, penelitian dan bukti lebih lanjut masih diperlukan untuk mendukung berbagai pernyataan tersebut.

Minyak zaitun memang alami, namun apabila setelah dioleskan terdapat tanda-tanda alergi, seperti gatal, merah, dan muncul ruam di kulit, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat minyak zaitun untuk wajah dan juga untuk kesehatan anda. Kuncinya hanya satu yakni diterapkan secara rutin. Minyak ini sangat baik untuk perawatan wajah dan kulit karena mengandung Vitamin E.

Demikian ulasan tentang manfaat minyak zaitun, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa di share ya.

Baca Juga: 7 Cara Facial di Rumah Ala Salon, Wajah Kinclong Makin Pede!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Novice