Fungsi dan Peran Pancasila, Solusi Perbedaan dan Konflik Antar Kelompok Kepentingan


Fungsi dan Peran Pancasila (sumber BPIP)

Suatu bangsa yang merdeka, mutlak perlu memiliki pandangan hidup bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dalam negaranya. Sebuah landasan yang dipatuhi, yang mengatur setiap perilaku, yang memandu setiap jalan pikiran, untuk mencapai tujuan besar yang menjadi cita-cita bersama. Demikian juga Indonesia, memiliki batu penjuru cita-cita seperti di atas. Pancasila.

Pancasila menjadi sebuah batu penjuru dan landasan, yang menjadi dasar hidup Bangsa indonesia. Pancasila yang terpampang pada lambang negara, ‘Garuda Pancasila’ membawa makna, betapa Pancasila adalah ideologi negara yang diharapkan dapat menjadi pandangan hidup satu-satunya bagi Bangsa Indonesia, sebagai pemersatu bangsa yang menaungi semua anak bangsa dan ketahanan negara.

Baca Juga:

Kata Pancasila menunjukkan pada kita bahwa dia bukanlah suatu falsafah yang dibentuk tanpa sengaja, namun benar-benar telah dipikirkan, diresapi, dan diisi jutaan impian rakyat Indonesia. Pancasila adalah kristalisasi semangat, cita-cita dan budaya seluruh anak bangsa. Namun, muncul pertanyaan yang menggelitik, mengapa harus Pancasila? Apa fungsi dan peran Pancasila?

Indonesia sebagai negara yang heterogen

Indonesia dibangun di atas pondasi keanekaragaman suku bangsa, bahasa, ras, budaya, agama, dan kepercayaan. Demikianlah, keanekaragaman ini merupakan keniscayaan yang ada yang mau tak mau harus diterima. Dampaknya adalah, meski perbedaan terdapat dimana-mana, namun substansinya tetaplah satu. Bangsa Indonesia. Dan untuk menampung itu semua, wadah gemilang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diciptakan.

Indonesia sebagai negara besar dengan jutaan penduduk yang heterogen, yang terdiri dari beraneka suku bangsa, bahasa, ras, budaya, agama, dan kepercayaan berpotensi menanggung konflik dengan alasan, yang bisa saja mengatasnamakan ras, suku, atau golongan, bahkan agama. Mana kala hal itu terjadi, perpecahan sangatlah mungkin terjadi.

Oleh karena itulah Indonesia membutuhkan suatu pemersatu, yang menjaga dan melindungi dari segala kemungkinan terburuk yang dapat mengancam keutuhan ibu pertiwi. Sebuah payung pemersatu, Pancasila. Fungsi dan peran Pancasila sangat dibutuhkan sebagai pemersatu bangsa.

Pancasila adalah dasar dan ideologi bangsa Indonesia

Pancasila. Ya, lima azas yang membentuk kesatuan tak terpisahkan, menjunjung tinggi nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan. Inilah Pancasila, yang diharapkan mampu menjadi jiwa seluruh bangsa indonesia. Menjadi semangat hidup dan identitas Bangsa Indonesia. Oleh sebab itulah sudah semestinya setiap muncul permasalahan, Bangsa Indoneisa layak untuk mencari kembali nilai-nilai di dalam Pancasila sebagai jalan menuju solusi.

Dalam kaitannya dengan kehidupan kebertuhanan, kita tahu betul bahwa Pancasila menganjurkan agar setiap warga ibu pertiwi beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan yang menciptakan segala isi dunia, yang berkuasa atas hidup mati seseorang, yang menjadi tempat bergantung siapapun yang percaya akan Dia. Dengan agama dan keyakinan apapun tanpa terkecuali.

Sesungguhnya kita pun tahu, bahwa setiap agama mengajarkan nilai-nilai kasih, kemanusiaan, perdamaian, dan kekeluargaan. Hal-hal semacam itu seharusnya mengajarkan kepada manusia Indonesia untuk menjadi lebih bijak dan memahami pentingnya kebersamaan, persatuan dan kesatuan.

Sayang, ajaran yang indah seperti itu sering disalahgunakan oleh kepentingan tertentu. Akibatnya sering terjadi dalam kehidupan keberagamaan kita muncul anggapan bahwa Tuhan atau keyakinan yang dianut kelompok tertentu paling benar dan paling baik, sementara Tuhan atau keyakinan kelompok lain adalah salah. Celakanya, bahkan ada di antara kita berkata dan bertindak seolah-olah kitalah Tuhan.

Perbedaan persepsi dalam masyarakat sering menimbulkan masalah. Perbedaan yang mestinya membangun kekuatan bangsa, malahan melahirkan konflik yang mengatasnamakan golongan atau agama dengan disertai tindak kekerasan. Di sini Pancasila sebagai ideologi bangsa seharusnya menjadi penjuru yang membimbing ke arah Solidarity Making, suatu ideologi yang membangkitkan rasa solidaritas dan rasa saling memiliki antar anak bangsa.

Baca Juga:

Fungsi dan peran Pancasila sebagai solusi perbedaan dan konflik antar kelompok kepentingan

Sebenarnya cukup lugas bahwa fungsi dan peran Pancasila dapat memberikan gambaran masa depan yang damai sesuai dengan cita-cita bangsa. Tinggal bagaimana kita memberi dan mengisi makna terhadap Pancasila yang kita punya. Dari situ kita harapkan Pancasila menjadi dasar yang ideal untuk dijadikan solusi terhadap perbedaan dan konflik antar kelompok kepentingan termasuk di dalamnya agama.

Jadi, sesungguhnya pancasila bisa bekerja lebih efektif mana kala disertai kesadaran masyarakat akan pentingnya kerukunan antar warga bangsa. Di situlah Pancasila mempersatukan perbedaan kepentingan maupun agama berdasar sila Ketuhanan Yang Maha Esa, sekaligus mempersatukan melalui sila Persatuan Indonesia.

Keretakan hidup bersama, konflik horizontal dalam masyarakat yang disertai pertumpahan darah, merupakan indikasi kurangnya komitmen warga dalam menjadikan Pancasila sebagai nurani bangsa. Akibatnya, kerukunan antar umat beragama dan etnis menjadi menipis. Hidup damai bersama dalam masyarakat terancam kehancuran.

Oleh karena itu, betapa penting hal ini disadari masyarakat untuk benar-benar menjadikan Pancasila sebagai nurani hidup berbangsa, karena dengan begitu, perpecahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara niscaya semakin menjauh. Semoga Tuhan senantiasa menumpahkan kasih-Nya bagi seluruh anak bangsa.

Baca Juga: Mengenal Profil Pelajar Pancasila


Legend