Berpetualang Menyusuri Pulau Padar Labuan Bajo, Keindahannya Diabadikan Dalam Uang Pecahan 50 Ribu


Pulau Padar Labuan bajo (sumber awal; Floretourism.com)

Wisata alam Indonesia tampaknya tak perlu lagi diragukan keindahannya. Dari Sabang hingga Merauke, setiap sudut Indonesia menawarkan sajian panorama yang telah diakui oleh dunia. Salah satu pesona alam Indonesia yang masih tergolong tersembunyi namun menyimpanan keindahan yang begitu luar biasa adalah Pulau Padar.

Saking indahnya Pulau Padar, pulau ini dijadikan sebagai background uang rupiah pecahan baru 2016, yakni Rp. 50.000,-.

Lokasi Pulau Padar Labuan Bajo

Pulau Padar berlokasi di kawasan Taman Nasional Komodo dan merupakan pulau ketiga terbesar setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Pulau ini berlokasi lebih dekat dengan Pulau Rincau dibandingkan dengan Pulau Komodo karena jarak serta terpisahkan oleh Selat Lintah.

Berada di kawasan Taman Nasional Komodo, bukan berarti kamu akan dengan mudahnya menjumpai berbagai komodo. Pasalnya, di pulau ini kini tak lagi dihuni oleh komodo akibat rantai makanan yang terputus yang menyebabkan gugurnya komodo.

Pulau Padar diterima sebagai Situs Warisan Dunia bersama Pulau lainnya yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca serta Gili Motang.

Baca Juga:

Keindahan Pulau Padar Labuan Bajo

Bila berbicara mengenai popularitas, Pulau Padar bisa dibilang kalah terkenal bila dibandingkan dengan Pulau Komodo serta Pulau Rinca. Meskipun begitu, keindahan serta panorama yang tersaji pada Pulau Padar tak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut akan tersihir dengan suguhan keindahan alam yang sangat mempesona.

Di area pulai ini, terdapat sekitar tiga atau empat pulau kecil. Selain itu, di pulau ini juga terdapat hamparan pantai yang berwarna merah muda atau yang juga dikenal dengan pink beach yang sangat asik untuk berenang, bermain air maupun melakukan snorkeling.

Untuk menikmati keindahan alam Pulau Padar Labuan Bajo, kamu dapat naik ke puncak Pulau Padar, dan menyaksikan pemandangan bukit-bukit yang menjulang cantik serta panorama lekukan dari tiga teluk yang berada dalam satu pulau dengan daratan yang menyajikan punggung bukit. Lautan biru serta jajaran pulau yang tampak mempersona akan menghipnotis siapapun yang bekunjung.

Menyaksikan keindahan alam Pulau Padar, kamu akan seperti merasakan sensasi berada di film Jurassic Park. Kendati medan yang ditempuh cukup melelahkan, namun hal tersebut sangat sebanding dengan suguhan panorama yang sangat memukau.

Akses menuju Pulau Padar

Perjalanan untuk menuju Pulau Padar dapat ditempuh dari Labuan bajo dengan menyewa kapal. Perjalanan dapat ditempuh sekitar 1 hingga 2 jam, tergantung dari cuaca serta arus laut. Bila perjalanan menempuh arus laut yang berlawanan, maka waktu yang dibutuhkan pun akan semakin lama. Namun tenang saja, selama perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan dari gugusan pulau yang sangat indah dan memanjakan mata.

Selain melalui labuan bajo, kamu juga dapat menuju ke pulau ini dengan long trip melalui Lombok serta Bali. Untuk mempermudah perjalanan, kamu dapat mencari agen trip yang melayani wisata ke kawasan wisata Taman Nasional Komodo.

Menuju punjak Pulau Padar, kamu harus berjalan kaki sekitar 3,5 km dari lokasi kapal dengan jalanan yang cukup menanjak. Untuk 100 meter pertama, kamu akan dibantu dengan puluhan anak tangga. Namun di sisa perjalanan selanjutnya, maka perjalanan ditempuh secara manual. Kendati demikian, rasa lelah yang kamu alami akan terbayar dengan sajian pemandangan alam yang disuguhkan.

Baca Juga:

Tips Menuju Pulau Padar

Berikut ini adalah tips yang dapat kamu perhatikan ketika berkunjung ke pulau cantik nan eksotis ini.

  • Ketika musim kemarau yang biasanya pada pertengah tahun hingga akhir tahun, pulau Padar akan tampak gersang serta berwarna cokelat. Namun bila musim penghujan, pulau ini akan berwarna kehijauan karena rumput-rumput yang mulai bersemi.
  • Bekunjung ke pulau ini ada baiknya dilakukan pada pagi hari karena semakin siang, cuaca akan semakin terik dan membuat kegiatan trekkingterasa lebih melelahkan.
  • Karena proses pendakian yang cukup melelahkan, maka janganlah membawa barang yang terlalu berlebihan. Pastikan membawa air minum yang cukup karena kamu tidak akan menemukan warung selama perjalanan mendaki.

Menghabiskan waktu libur di Pulau ini tentunya akan terasa seru dan mengasikkan. Eits, Sebelum berlibur ke Pulau Padar Labuan Bajo, jangan lupa melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui estimasi biaya yang dikeluarkan.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Pantai di Pulau Rote, Surganya Para Peselancar Dunia!