Bagaimana Cara Menulis Artikel Agar Mendapat Traffic Pengunjung Yang Banyak? Ini Dia 6 Trik Jitunya


ilustrsi menulis artikel (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Seorang penulis tentunya akan senang jika artikelnya dibaca oleh banyak orang. Apalagi bisa masuk page one pada mesin pencari seperti google dengan kata kunci yang sesuai.

Perjuangan ke arah tersebut memang sulit. Apalagi jika artikel kamu adalah artikel hasil mencuri dari blog tetangga sebelah. Atau artikel kamu tidak unik, karena hasil dari parafrasa (modifikasi dari artikel blog tetangga juga), Bisa dipastikan artikel tersebut tidak akan mampu bersaing dengan pendahulunya.

Lalu, bagaimana cara menulis artikel yang bisa mendapat banyak traffic pengunjung atau pembaca? Tentunya ada teknik-teknik yang bisa digunakan untuk dapat menarik perhatian pembaca. Yuk, kita kupas tuntas hal ini.

1. Lakukan riset key word atau kata kunci

Sebelum menulis artikel, lakukan riset kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna mesin pencari seperti Google, kamu bisa menggunakan google trend. Ini akan membantu artikel kamu lebih mudah ditemukan oleh pembaca.

Selain itu, pergunakan kata kunci panjang dan lebih spesifik yang relevan dengan topik artikel kamu. Jangan pergunakan kata kunci hanya 1-2 kata saja, karena artikel kamu nantinya tidak akan mampu bersaing. Kecuali jika kata kunci tersebut belum ada yang menulisnya.

Baca Jsuksesah Mulai Menulis, Hasilnya Keren dan Eksklusif!

2. Buat judul yang menarik dan ringkas

Untuk membuat judul yang menarik, pilih kata-kata yang memiliki daya tarik dan relevansi dengan isi artikel. Kata-kata yang menarik akan membuat pembaca ingin tahu lebih lanjut.

Selain itu, kata kunci yang sudah kamu pilih, harus dimasukan ke dalam judul. Kemaslah sedemikian rupa, agar judul yang mengandung kata kunci tersebut bisa terlihat menarik.

3. Buat paragraf pertama yang menarik dan memancing rasa ingin tahu pembaca

Paragraf pertama diibaratkan pintu masuk untuk ke artikel selanjutnya. Jika paragraf pertama terkesan tidak menarik atau berantakan, biasanya pembaca akan langsung menutup artikel tersebut, dan mencari artikel lainnya.

Misalnya, kamu bisa memulai dengan kalimat pertanyaan di paragraf pembuka “Ditinggal oleh pacar yang menikah, memang menyisakan rasa sedih, pilu, ataupun marah yang tak berkesudahan. Larut dalam kesedihan bukanlah merupakan pilihan yang tepat, karena akan membuat hati menjadi lebih sedih ataupun kecewa. Lantas, bagaimana caranya kamu bis move on lagi?….”

4. Isi artikel harus dapat menggunggah emosional pembaca

Memahami sifat dasar emosi manusia adalah kunci dalam membuat artikel yang memicu emosi pembaca. Ketika artikel mengaitkan informasi dengan emosi, pembaca akan lebih memerhatikan dan membawa pesan yang disampaikan dalam artikel tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari.

Gunakan bahasa yang menggugah emosi, seperti kata-kata yang positif, kuat, atau menginspirasi. Hindari kalimat-kalimat yang terlalu kaku atau formal. Tulislah artikel dengan gaya kamu sendiri, yang menandakan ciri khas kamu dalam menulis.

Berikan solusi atau inspirasi dalam artikel kamu. Artikel yang memberikan solusi atas masalah atau menginspirasi pembaca akan meningkatkan daya tarik dan dampak emosionalnya.

5. Tambahkan gambar yang pas dan menarik

Untuk lebih menarik perhatian pengunjung, tambahkan gambar yang jelas dan menarik pada cover artikel. Gambar yang disajikan haruslah jelas, cerah, memberikan gambaran singkat atau relevan dengan artikel kamu.

Jangan lupa untuk memberikan keterangan pada gambar, dengan memasukan kata kunci yang sudah kamu pilih. Jika kamu mengambil gambar dari sumber lain (web lain), jangan lupa tuliskan sumber gambar tersebut, agar tidak ada masalah dikemudian hari.

6. Buat artikel yang panjang dan lengkap

Artikel yang lebih panjang memungkinkan kamu bisa menjelaskan topik artikel secara lebih detail. Pembaca akan lebih puas dengan informasi yang komprehensif. Jika sudah puas, pembaca tidak perlu lagi mencari di web lain, karena mereka sudah mendapat jawaban di artikel kamu.

Artikel yang panjang juga bisa menunjukkan pengetahuan dan otoritas kamu dalam bidang tersebut. Ini akan dapat meningkatkan kepercayaan pembaca. Sehingga pembaca akan datang lagi ke web tersebut untuk mencari artikel yang lain.

Artikel yang panjang bisa memberikan kamu lebih banyak kesempatan untuk memasukkan kata kunci yang relevan. Mesin pencari cenderung menghargai konten yang kaya akan informasi dengan kata kunci yang relevan.

Namun, perlu diingat bahwa panjang artikel bukan berarti kamu harus menambah dengan materi yang tidak perlu ditulis, atau sengaja dibuat panjang dengan bahasa yang lebai yang tidak memiliki makna.

Baca Juga:

7. Niat yang besar dan bersungguh-sungguh dalam menulis artikel

Walaupun kamu memiliki kemampuan jurnalis yang baik dan memiliki pengalaman menulis yang banyak, jika kamu tidak bersungguh-sungguh atau punya niat yang besar, hasilnya juga tidak akan maksimal.

Dengan niat yang besar dan bersungguh-sungguh tentunya kamu akan bisa lebih fokus dalam menulis artikel. Jangan sampai ketika kamu sudah mendapat ide menulis artikel yang bagus, namun di tengah jalan keluar sifat malas kamu, maka hasil perenunganmu akan buyar.

Nah itu dia cara menulis artikel agar bisa mendapat traffic pembaca yang banyak. Jadi tunggu apa lagi! Buka laptopmu, dan segera menulis!

Baca Juga: 8 Tips Menjadi Penulis Artikel yang Sukses


Emperor