8 Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Lembap Selama Musim Kemarau


Ilustrasi kulit tetap sehat selama musim kemarau (pexels.com/

Musim kemarau identik dengan cuaca panas dan kering. Kondisi ini dapat membuat kulit terasa kering, kusam, dan bahkan pecah-pecah. Bagi kamu yang concern dengan kesehatan kulit, menjaga kulit tetap sehat dan lembap selama musim kemarau tentu menjadi perhatian yang lebih.

Tenang, jangan khawatir! Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kulit tetap lembap dan kering di sepanjang musim kemarau yang melanda.

1. Minum air putih yang cukup

Air putih merupakan salah satu kunci utama untuk merawat kulit agar tetap sehat dan lembap selama musim kemarau datang. Pastikan kamu minum air putih minimal 8 gelas atau dua liter per hari.

Minum air putih akan membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan mencegah dehidrasi, yang mana merupakan penyebab kulit kering dan kusam. Tak hanya itu, air putih yang cukup juga akan menghidrasi tubuh sehingga tidak mudah haus, lemas, dan tetap bisa beraktivitas dengan baik.

Baca Juga:

2. Gunakan pelembap kulit secara rutin

Pelembab membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kekeringan. Pastikan memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Gunakan pelembab setelah membersihkan wajah dan sebanyak dua kali sehari, yaitu setelah mandi dan sebelum tidur.

3. Hindari mandi terlalu lama dan terlalu panas

Mandi air panas dan terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami pada kulit, sehingga membuat kulit kering. Agar lebih aman, mandilah dengan air hangat atau air dingin selama 5-10 menit saja.

Ini akan membuat tubuh dan kulitmu terasa lebih segar dan lembap.

4. Gunakan sunscreen

Panas matahari yang menyengat, tidak hanya membuat kulit terbakar, tetapi juga kering, kusam, hingga keriput. Sehingga, penting untuk melindungi kulit sepanjang hari dengan perlindungan sunscreen, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Gunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung. Oleskan 15-20 menit sebelum keluar rumah dan ulangi pemakaian setiap 2 jam sekali, atau lebih sering jika kamu berkeringat, berenang dan berada di bawah terik matahari langsung.

5. Tambahkan skincare

Agar kulitmu semakin terhidrasi dengan baik, tambahkan beberapa jenis skincare yang tepat. Beberapa kandungan skincare, dapat digunakan untuk melembapkan kulit sepanjang hari.

Hyaluronic acid, ceramide, niacinamide, bisa menjadi pilihan untuk melindungi kulitmu dari kekeringan. Gunakan kandungan skincare tersebut dua kali sehari, pada pagi dan malam hari setelah wajah dibersihkan.

6. Gunakan masker wajah

Masker wajah dapat membantu menutrisi, melembapkan dan menyegarkan kulit. Kamu bisa menggunakan masker alami dari buah, sayuran seperti mentimun, atau yogurt.

Gunakan masker wajah 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

7. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan ikan. Tambahkan juga beberapa vitamin, seperti vitamin C, E, serta zinc.

Makanan sehat dan vitamin ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam dan mencegah kekeringan.

Baca Juga:

8. Hindari menggaruk kulit

Terakhir, hindari menggaruk kulit ketika kulit terasa gatal. Sebab, menggaruknya hanya akan memperparah iritasi dan kekeringan.

Supaya aman, kompres dengan air dingin atau gunakan pelembap khusus gatal-gatal agar gatal berkurang dan kulit lebih segar.

Menjaga kulit tetap sehat selama musim kemarau memang membutuhkan usaha ekstra. Namun, dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat menjaga kulit tetap sehat dan lembap selama musim kemarau. Ingatlah untuk selalu merawat kulitmu dengan baik agar tetap sehat dan cantik.

Baca Juga: 8 Cara Mengoptimalkan Proses Regenerasi Kulit saat Tidur, Kulit Sehat Bersinar

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer