8 Stok Makanan Anak Kos Yang Wajib Dimiliki Selama Puasa Ramadan


Ilustrasi anak kos (pexels.com/cottonbro_studio)

Sebagai anak kos, kamu harus menyiapkan segalanya sendiri termasuk makanan untuk sahur dan berbuka. Mengingat Ramadan akan datang sebentar lagi, tentu perlu ada amunisi stok makanan anak kos selama Ramadan supaya nggak bingung dengan makanan yang akan dikonsumsi nantinya.

Memang sih, kamu bisa membeli makanan dari warung makanan atau pesan online. Tetapi kalau membeli terus-menerus, uangmu bisa cepat habis kan? Kamu juga nggak bisa menabung untuk lebaran.

So, daripada membeli terus lebih baik stok makanan anak kos ini aja yuk. Dijamin bakal lebih hemat.

1. Mie instan

Mie instan kerap dijadikan makanan andalan anak kos, karena selain praktis mie instan juga enak, mengenyangkan dan murah. Mie instan juga bisa dijadikan stok makanan wajib dimiliki anak kos selama Ramadan tiba.

Namun, jangan mengonsumsi mie instan terlalu sering ya karena bisa menyebabkan masalah pada lambung dan bagian tubuh lainnya. Kalau hanya sesekali mencobanya masih boleh kok, sisanya tambahkan asupan nutrisi dari makanan lainnya.

Baca Juga:

2. Beras

Salah satu bahan makanan pokok ini kayaknya memang nggak bisa lepas dari orang Indonesia ya. Nasi menjadi makanan wajib karena dapat mengenyangkan sekaligus menghemat uang anak kos tanpa perlu membeli nasi setiap hari.

Kamu bisa menanak beras menggunakan rice cooker. Kemudian pastikan nasi cukup untuk sahur dan berbuka puasa juga ya. Jadi lebih hemat dan praktis juga kan?

3. Telur

Nah, telur juga wajib masuk daftar stok makanan untuk bulan puasa di kosanmu. Telur nggak cuma bisa digoreng biasa aja, tetapi juga aneka olahan seperti omelet, telur rebus, dan sebagainya.

Tapi jangan lupa, siapkan garam juga ya supaya telur yang kamu olah jadi nikmat. Kemudian, kamu bisa memakan telur bersama nasi panas atau mie instan. Lezat, nikmat dan kenyang deh.

4. Roti

Kalau malas masak mie instan atau nasi, masih ada roti yang bisa kamu konsumsi. Ada roti kemasan siap makan, atau roti tawar yang bisa kamu olah menjadi beberapa menu yang manis dan gurih.

Kamu bisa mengolah roti tawar menjadi roti selai, roti bakar selai, roti goreng, roti sandwich dengan isian mayonnaise dan telur goreng. Kalau mau yang lebih praktis, celupkan saja roti tawar ke dalam susu.

Baca Juga:

5. Kentang kering

Makanan siap saji ini banyak sekali dijual di pasaran dengan berbagai tingkat kepedasan. Mulai dari original hingga tingkat yang paling pedas.

Kamu bisa membeli kentang kering sesuai dengan tingkat kepedasan favoritmu. Selain itu, kentang kering juga bisa bertahan 2-3 minggu lho jadi kamu nggak perlu kuatir sama menu untuk sahur dan berbuka puasa nanti.

Cukup disajikan dengan nasi panas, kamu bisa menikmati kentang kering ini dengan nikmat.

6. Sosis siap saji

Sosis siap saji juga nggak bisa kamu lewatkan untuk stok selama Ramadan. Tanpa perlu digoreng lagi, kamu bisa langsung menyantap sosis bersama dengan nasi.

Kalau bosan dengan nasi, kamu bisa jadikan sosis ini sebagai isian roti tawar. Kemudian tambahkan mayonnaise dan saus ke dalam rotinya. Jadi deh olahan makanan ini mirip seperti hot dog.

7. Abon

Nasi hangat yang ditaburi abon di atasnya menjadi menu makanan yang wajib anak kos coba selama Ramadan. Meski terlihat sederhana, namun perpaduan dua makanan ini bisa lho menggugah selera makanmu.

Kalau mau terlihat lebih mewah dan makin menambah nikmat makanmu, tambahkan saja lauk lainnya. Jangan lupa, setelah digunakan, simpan abon di dalam kulkas ya supaya bisa bertahan selama sebulan.

Baca Juga:

8. Bubur instan

Terakhir, ada bubur instan dengan isian kerupuk yang bisa kamu stok untuk makanan selama Ramadan. Sekarang nggak perlu repot beli di penjual bubur gerobak, cukup dengan bubur instan kemasan yang diseduh air panas, kamu bisa langsung menyantapnya. Agar lebih nikmat, bisa ditambahkan sosis atau topping lainnya.

Itu dia delapan stok makanan wajib dimiliki anak kos selama Ramadan yang praktis, anti ribet. Jangan lupa dibeli untuk stok selama sebulan ya!

Baca Juga: 7 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Cuma Ikut-Ikutan!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor