8 Rahasia Kecantikan Kulit Sehat dan Bercahaya Dengan Budget Terbatas


Merawat dan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, tak jarang sering kali terabaikan. Faktor utama yang sering menjadi alasan adalah keterbatasan budget untuk membeli produk skincare atau melakukan treatment mahal.

Padahal, memiliki kulit sehat dan bercahaya tidak harus selalu mahal lho. Berbekal pengetahuan dan kreativitas, kamu bisa mendapatkan kulit yang sehat, indah, dan terawat dengan budget terbatas. Berikut beberapa rahasia yang bisa kamu terapkan:

1. Pilih produk skincare yang tepat

Langkah pertama untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya dengan budget terbatas adalah memilih produk skincare yang tepat untuk jenis dan kebutuhan kulitmu. Tak perlu tergoda dengan produk-produk mahal yang beredar di media sosial, skincare dengan budget ramah kantong juga bisa kok membantumu mendapatkan kulit yang diinginkan.

Asalkan, kamu tahu kebutuhan kulitmu serta kandungan dalam skincarenya.

Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kandungan dan manfaat produk sebelum membelinya. Kamu bisa riset melalui website resmi yang menjual skincare, bertanya pada beauty creator, atau seseorang yang memang kompeten dalam bidang kecantikan.

Baca Juga:

2. Manfaatkan bahan-bahan alami

Banyak bahan-bahan alami di sekitarmu yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit, seperti madu, yogurt, alpukat, bengkoang dan lidah buaya. Bahan-bahan ini mudah didapatkan dan harganya relatif murah dan ramah kantong.

Kamu bisa membuat masker wajah sendiri dengan bahan-bahan alami ini. Untuk cara membuatnya, bisa mencari informasinya melalui blog kecantikan, YouTube atau media sosial lainnya.

3. Rutin membersihkan wajah

Membersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam, adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit agar bersih dan bercahaya. Gunakan perawatan cuci wajah yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu.

Seperti micellar water, cleansing milk, cleansing balm, cleansing oil dan sabun pencuci wajah. Hindari mencuci wajah terlalu sering karena dapat membuat kulit kering.

4. Gunakan pelembap

Pelembab sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan sehat. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Gunakan pelembap setiap hari, setelah mandi dan sebelum tidur. Pastikan wajah kamu sudah bersih dengan pembersih wajah sebelum menggunakan pelembap ya.

5. Lindungi kulit dari sinar matahari

Sinar matahari dapat menyebabkan berbagai kerusakan kulit, seperti keriput, kemerahan, dan flek hitam. Gunakan sunscreen setiap hari, meskipun cuaca sedang mendung dan saat kamu berada di dalam ruangan.

Sebab, cahaya matahari bisa masuk melalui celah pintu atau pantulan jendela. Jadi, pakai selalu sunscreen di manapun serta pilih sunscreen dengan SPF minimal 30.

6. Konsumsi minuman dan makanan sehat

Makanan dan minuman yang kamu konsumsi berpengaruh besar terhadap kesehatan kulitmu. Konsumsi banyak buah-buahan, sayur-sayuran, dan air putih.

Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari, agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Hindari makanan yang berlemak tinggi dan olahan, serta minuman dengan kafein dan memiliki kadar gula tinggi.

7. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan kulit dan tubuh. Saat kamu tidur, kulitmu akan memperbaiki dan meregenerasi kulit dan membuang sel-sel kulit mati.

Usahakan untuk tidur 7-8 jam setiap malam dan hindari tidur dalam posisi miring, karena bisa menimbulkan keriput di wajah.

Baca Juga:

8. Kelola stres

Stres dapat menyebabkan berbagai masalah, tidak hanya pada mentalmu, tetapi juga kulit, seperti jerawat dan eksim. Agar tidak terjadi, kamu wajib mengelola stres dengan cara yang baik.

Beberapa aktivitas seperti yoga, meditasi, berjalan-jalan atau mendengarkan musik bisa menjadi cara untuk membuat mentalmu tetap stabil.

Cantik tidak selalu mahal. Kamu tetap bisa mendapatkan kulit sehat dan bercahaya, meski dengan budget terbatas. Caranya, bisa kamu coba dengan tips-tips di atas ya.

Baca Juga: 10 Manfaat Melimpah dari Lidah Buaya, Nomor 6 Membuat Wanita Bahagia!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer