8 Cara Sederhana Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Cepat


Ilustrasi orang yang sedang sakit radang tenggorokan

Memasuki musim kemarau, biasanya siang-siang dengan cuaca yang terik. paling enak minum es. Apalagi es nya berukuran jumbo, pasti segar.

Tapi, tahu gak sih. minus es saat cuaca sedang terik-teriknya bisa menyebabkan tenggorokan menjadi sakit dan meradang. Kalo sudah sakit, Nggak enak kan buat nelan makanan. Gejala radang tenggorokan yang paling umum adalah sakit atau nyeri yang terkadang disertai rasa gatal di tenggorokan.

Nah, daripada langsung lari ke dokter atau minum obat kimia, yuk coba dulu beberapa cara sederhana mengobati radang tenggorokan berikut.

1. Berkumur dengan air garam

Gargling atau berkumur dengan air garam hangat bisa membantu meredakan pembengkakan dan membersihkan iritasi di tenggorokan. Larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat, berkumurlah selama beberapa detik, lalu buang. Ulangi beberapa kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga:

2. Banyak minum air putih

Dengan banyak air putih, kamu akan terhindar dari dehidrasi. Jadi sering-seringlah minun air putih karena hidrasi adalah kunci untuk mempercepat pemulihan.

Air putih membantu menjaga tenggorokan tetap lembap dan mencegah iritasi lebih lanjut.

3. Kunyit

Dilansir healthline, Kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang dapat membantu meredakan sakit akibat radang tenggorokan. Zat kurkumin dalam kunyit efektif mengurangi rasa sakit, bengkak, dan menyembuhkan luka pada tenggorokan.

Kamu bisa mengonsumsi kunyit dalam bentuk bubuk dengan mencampurkannya dengan air hangat atau susu. Saat radang tenggorokan melanda, kunyit bisa menjadi solusi alami untuk meredakannya

4. Minum madu

Madu juga dikenal sebagai pelembut tenggorokan yang manis dan alami. Kamu bisa menambahkannya ke dalam teh hangat atau mengonsumsinya langsung. Madu memiliki sifat antibakteri dan bisa membantu meredakan batuk yang sering menyertai radang tenggorokan.

Ambil satu sendok makan madu murni dan konsumsi secara langsung. Kamu juga mencoba mencampur satu sendok makan madu dengan segelas air hangat. Minum campuran ini secara perlahan untuk meredakan sakit tenggorokan dan juga mengurangi iritasi.

5. Bawang putih

Bawang putih nggak cuma digunakan buat bumbu masak. Bawang putih mungkin bukan pilihan yang menarik, tapi jangan remehkan kehebatannya.

Coba kunyah satu siung bawang putih mentah (kalau kamu berani) untuk membantu mengobati radang tenggorokan. Karena di dalam bawang putih terdapat allicin yang memiliki sifat antibakteri dan antiviral.

6. Teh chamomile

Teh chamomile bisa menjadi pilihan lain yang menenangkan, dengan sifat anti-inflamasi yang bisa membantu meredakan radang tenggorokan. Peppermint juga bisa digunakan, baik dalam bentuk teh atau permen, karena menthol di dalamnya bisa membantu menenangkan tenggorokan dan meredakan batuk.

7. Menggunakan uap air

Inhalasi uap bisa membantu melembabkan saluran napas dan membantu mengobati radang tenggorokan. Panaskan air hingga mendidih, tuangkan ke dalam mangkuk, dan tarik napas dalam-dalam sambil menutup kepala dengan handuk di atas mangkuk. Hati-hati jangan sampai terlalu dekat dan membakar diri ya!

Baca Juga:

8. Jahe

Jahe adalah bahan alami yang punya sifat anti-inflamasi. Kamu bisa membuat teh jahe dengan memarut jahe segar dan merebusnya dalam air selama beberapa menit. Tambahkan madu atau lemon untuk rasa yang lebih nikmat. Minum teh jahe ini bisa membantu mengobati radang tenggorokan kamu.

Ingat, Sobat BekelSego. Cara sederhana mengobati radang tenggorokan ini sifatnya hanya membantu, tapi bukan pengganti dari pengobatan oleh dokter ya. Semoga lekas sembuh dan tetap jaga kesehatan! Dan jangan lupakan istirahat yang cukup, karena tubuh membutuhkan energi untuk melawan infeksi dan memperbaiki diri sendiri.

Baca Juga: Penyebab Cuaca Panas Ekstrem di Indonesia, Ini 5 Dampaknya terhadap Kesehatan dan Lingkungan