7 Tips Menjadi Pengusaha Sukses, Jangan Takut Gagal!


Ilustrasi menjadi pengusaha sukses (pixabay.com/geralt)

Menjadi pengusaha termasuk idaman setiap orang. Apalagi jadi pengusaha yang sukses. Tentu sangat menyenangkan bagi semua orang.

Pengusaha menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berasal dari kata usaha yaitu kegiatan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud.

Menurut Amirullah Imam Hardjanto dalam buku Proses Pengembangan Usaha oleh Karyoto, usaha atau bisnis adalah kegiatan menghasilkan produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan harapan mendapatkan keuntungan melalui penciptaan nilai dan proses transaksi.

Berdasarkan pengertian tersebut, usaha adalah perbuatan, tindakan, atau kegiatan yang dilakukan perorangan ataupun badan usaha untuk menghasilkan produk sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen yang bertujuan mendapatkan keuntungan atau laba.

Pengusaha ialah orang yang mengerahkan tenaga, pikiran atau badan untuk mencapai suatu maksud untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sesuai harapan mendapatkan keuntungan melalui penciptaan nilai dan proses transaksi.

Pengusaha yang sukses berarti orang yang mengerahkan segala sumber daya yang dimiliki untuk mencapai suatu keberhasilan berupa finansial melalui penciptaan nilai dan proses transaksi.

Untuk menjadi pengusaha sukses, diperlukan banyak usaha dan kerja keras. Selain itu juga diperlukan tips-tips yang mendukung usaha menuju kesuksesan. Penulis merangkum dari beberapa sumber bacaan tentang tips menjadi pengusaha sukses.

Ada tujuh tips menjadi pengusaha sukses. Apa sajakah tips tersebut? Mari kita simak bersama-sama berikut ini.

1. Mulai usaha dari yang kecil

Tips menjadi pengusaha sukses yang pertama adalah mulai dari hal yang kecil dulu. Mengapa harus yang kecil? Usaha yang kecil memerlukan modal yang kecil. Memang sih hasilnya juga kecil tapi resiko kegagalan juga kecil.

Usaha kecil digunakan untuk belajar manajemen bisnis, keuangan, dan pemasaran. Kemudian baru setelah kuat keadaan bisnis atau usaha tersebut, dikembangkan dan diperbesar.

Selain untuk belajar bisnis, usaha yang kecil memiliki resiko kecil. Jika gagal modal yang hilang juga kecil sehingga masih memiliki modal untuk bangkit lagi. Coba kalau langsung besar dan modalnya gede. Jika berhasil, sih untungnya besar. Bagaimana jika bangkrut alias gagal? Jelas modal yang hilang pun besar alias bisa tidak bangun lagi sebab modalnya habis. Kalau bermodal besar pun akan limbung, sebab kehilangan modal yang tidak sedikit.

Nah, untuk memulai usaha atau bisnis kita mulai saja dari yang kecil. Siapa tahu dari kecil, bisa menjadi gurita bisnis.

Baca Juga:

2. Mengembangkan rencana bisnis

Setiap usaha harus direncanakan terlebih dahulu. Namun, jangan terpaku pada rencana yang oke. Langsung saja kerjakan dengan rencana yang sederhana. Setelah usaha berjalan baru deh dikembangkan rencana bisnis yang lebih besar.

Intinya tetap bertahan bisnis dan terus mengembangkan rencana bisnis menuju lebih sempurna. Intinya rencana bisnis dibuat sederhana dulu. Kemudian dijalankan dan baru setelah usaha berjalan lancar, kembangkan rencana bisnis yang lebih besar.

3. Menantang diri sendiri, mengambil risiko dan percaya diri

Tips ketiga setelah membuat rencana, mengerjakan rencana dengan mulai dari yang kecil ialah menantang diri sendiri dengan mengambil risiko dan percaya diri.

Menantang diri dengan mengambil risiko maksudnya mengembangkan usaha untuk menjadi lebih besar. Berani tidak mengambil risiko mengembangkan bisnis? Jika tidak berani berarti bisnis yang dijalankan akan stagnan. Tetap di tempat dan tidak berkembang menjadi lebih besar.

Jadi untuk menjadi lebih besar, harus berani menantang diri sendiri dan mengambil risiko. Jika gagal berarti modal bisa kembali nol. Namun, jika sukses berarti bisnis semakin besar dan maju. Selanjutnya percaya diri. Tidak usah ragu. Yakin bahwa kita mampu menanggung risiko bila gagal. Ingat tantanglah diri untuk mengambil risiko dengan percaya diri. Seperti berlatih berjalan. Harus berani menantang diri dengan risiko jatuh, lutut sakit, kaki kesleo. Tetap percaya diri sehingga nantinya berhasil berjalan tegak bahkan berlari cepat.

4. Terlibat dalam setiap aspek di usaha kita

Memiliki bisnis berarti menjalankan usaha menuju kesuksesan. Ada hal kecil yang kadang dilupakan orang dalam bisnis yaitu keterlibatan pemilik dalam setiap aspek di usahanya. Maksud terlibat di sini tidak harus terlibat secara menyeluruh dengan menjalankan proses semua bisnis itu. Namun, mengawasi segala aspek bisnis kita. Misal manajemen keuangan, pemasaran, tenaga kerja, kesejahteraan dan bahan serta kualitas produk. Satu saja pemilik bisnis tidak terlibat di berbagai aspek, bisa jadi karyawan yang buruk akan muncul dan membuat usaha yang dirintis bangkrut karena salah urus.

Untuk itulah di berbagai aspek bisnis kita terlibat baik langsung maupun tidak langsung. Ini dilakukan demi keberlangsungan bisnis yang dijalankan.

5. Membangun tim yang baik

Usaha walau kecil pasti membutuhkan orang lain. Untuk itulah dibentuk tim. Tim harus dibangun dengan baik agar rencana bisnis bisa terlaksana sehingga usaha yang dijalankan sukses. Jika tim yang dibangun tidak baik maka risiko gagal semakin besar.

Intinya bangunlah tim kerja yang baik dan solid demi mewujudkan bisnis yang berhasil. Tanpa tim yang baik susah membangun bisnis yang sukses.

6. Membangun jaringan

Saat bisnis sudah mulai berjalan, kita harus membangun jaringan. Kita berhubungan dengan banyak pelaku usaha, berhubungan dengan produsen dan konsumen. Kita bentuk jaringan dan hubungan yang baik. Semakin banyak jaringan, semakin berkembang usaha yang kita rintis. Hingga akhirnya bisa sukses.

Baca Juga:

7. Mengembangkan diri

Tips terakhir yaitu mengembangkan diri dengan belajar. Maksudnya jika kita berusaha di bidang penulisan yang kita mengembang diri dengan mengadakan dan mengikuti pelatihan penulisan. Dengan mengembangkan diri entah dengan pendidikan, pelatihan atau seminar motivasi, akan meningkatkan kemampuan kita dan orang lain. Bahkan ada ide-ide bisnis dan pengembangan yang bisa diperoleh dalam proses pengembangan diri tersebut. Jangan pernah lelah untuk berusaha dan membangun bisnis agar menjadi pengusaha sukses.

Demikian, tujuh tips menjadi pengusaha sukses. Mari kita coba praktikan, siapa tahu kita menjadi pengusaha sukses. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga: Pengertian Greenflation, Masalah Besar atau Sekedar Recehan!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice