7 Ide Menu Lebaran Anti Mainstream, Biar Nggak Itu-itu Aja!


Menu lebaran anti mainstream

Ketupat, opor ayam dan sayur berkuah santan seperti nangka atau pepaya menjadi menu khas lebaran yang selalu disajikan saat Idulfitri tiba. Seolah menjadi magnet, tanpa makanan ini rasanya lebaran serasa berkurang. Tapi pernah nggak terpikir menggantinya dengan ide menu lebaran anti mainstream biar nggak bosan menu itu-itu aja?

Selain mencoba menu baru, tentunya kamu juga lebih mengenal aneka menu masakan lainnya, bukan? Supaya nggak itu-itu aja, yuk cobain ide menu lebaran terbaru di sini, dengan rasa yang tak kalah enak dan lezat.

1. Nasi Beriani

Nasi Beriani (pexels.com/Prabal Pratap Singh)

Makanan khas asal India satu ini mungkin sudah nggak asing didengar, atau bahkan pernah mencobanya. Nasi Beriani bisa banget kamu jadikan ide menu lebaran anti mainstream pengganti ketupat yang sama mengenyangkan.

Kaya akan rempah dan bumbu khas, nasi beriani menghasilkan cita rasa makanan yang gurih dan lezat. Lengkapi nasi beriani dengan olahan daging seperti daging domba, kambing, sapi, atau ayam agar rasanya makin mantap saat disantap.

Baca Juga:

2. Ketupat beras merah

Ketupat beras merah (cookpad)

Kalau kamu tetap ingin ketupat menjadi menu yang wajib ada saat lebaran, mungkin kamu bisa mengganti beras yang digunakan dengan beras merah. Yes, kalau biasanya beras putih yang digunakan sebagai isian ketupat, kenapa tidak menggantinya dengan beras merah.

Pembuatan keduanya juga sebetulnya sama saja kok, hanya saja proses memasak dan kadar air yang digunakan berbeda. Beras merah membutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk direndam agar teksturnya lebih lunak.

Selain itu, beras merah juga rendah gula sehingga cocok untuk kamu yang sedang diet dan mencoba pola hidup sehat. Penasaran kan rasanya ketupat beras merah ini? Jadi wajib dicoba nih.

3. Rawon

Rawon (www.kooliner.com)

Makanan khas daerah Jawa Timur ini juga bisa kamu jadikan hidangan anti mainstream untuk lebaran nanti. Rasanya yang lezat dengan isian daging dan kuah hitam pekat yang berasal dari kluwak ini, tentunya bisa memanjakan lidahmu saat lebaran nanti.

Agar semakin mantap, tambahkan telur asin atau tempe goreng, dan ketupat merah yang telah kamu buat sebelumnya. Perpaduan rasa gurih, lezat, dan menyegarkan, rawon siap disajikan untuk menu lebaran kamu nanti.

4. Soto Tamanwinangun

Soto Tamanwinangun (carica.id)

Makan soto dengan isian daging ayam, atau daging sapi rasanya sudah umum ditemukan di berbagai kota. Tapi pernah nggak kamu mencoba soto dengan isian daging entok atau itik? Kalau belum kayaknya kamu wajib coba dan jadikan menu ini sebagai hidangan untuk lebaran nanti.

Soto Tamanwinangun merupakan makanan khas asal Kebumen yang terbuat dari kuah santan bumbu pilihan yang dicampur bersama daging entok atau itik. Rasanya yang enak dan menyegarkan, bisa kamu santap saat masih hangat dengan ketupat merah atau lontong.

5.  Sate ambal

Sate ambal (goodnewsfromindonesia.id)

Beralih dari makanan berkuah, kali ini kamu bisa coba menyediakan makanan anti mainstream lainnya dengan menyajikan sate. Tapi, sate satu ini tidak disajikan dengan bumbu kacang atau kecap seperti pada umumnya, melainkan dengan saus tempe atau jamur kedelai. Namanya sate ambal.

Sate ambal juga merupakan makanan asal Kebumen yang proses pembuatannya sama sekali tidak menggunakan kecap, tetapi rempah-rempah pilihan. Bahkan rasa manis yang ada pada sate ini didapat dari gula jawa.

Meski menggunakan saus yang terbuat dari kedelai, rasanya tak kalah lezat dari sate pada umumnya lho. Jadi kamu bisa banget mencoba menu satu ini untuk makanan anti mainstream lebaran.

6. Sate lilit

Sate lilit (food.detik.com)

Selain sate ambal, ada juga sate lainnya yang tak kalah lezat untuk menu lebaran nanti, namanya sate lilit khas Bali. Meski sekilas terlihat mirip seperti sate yang dijual pada umumnya, namun sate lilit menggunakan daging cincang yang dilekatkan atau dililit pada tusuk sate.

Selain menggunakan daging ayam atau sapi, nyatanya sate ini juga bisa menggunakan ikan lho, menarik ya? Jadi, kayaknya makanan unik ini wajib deh ada dalam menu lebaran kamu nanti.

Baca Juga:

7. Bakso

Bakso (unsplash.com/Muhammad Arifin Nursalim)

Bakso mungkin nggak termasuk ke dalam makanan anti mainstream, tetapi kalau disajikan saat lebaran tentu bisa menjadi makanan anti mainstream. Apalagi, biasanya orang-orang akan mulai merasa bosan dengan makanan berkuah santan, jadi tak ada salahnya menyediakan bakso.

Segarnya kuah bakso bening dengan isian bakso daging, mie, bihun, dan daun bawang yang mantap tentu bisa bikin ketagihan. Apalagi jika anak-anak yang mencobanya, bisa berkali-kali nambah.

Jadi, sudah siap dengan ide menu lebaran anti mainstream untuk menyambut Idulfitri sebentar lagi? Kira-kira, mau menghidangkan makanan anti mainstream yang mana aja nih?

Baca Juga: Akulturasi Budaya Jawa dengan Islam Melalui Ketupat

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Senior