7 Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi, Atasi Segera!


Ilustrasi kulit wajah terhidrasi (pixabay.com/Alexas_Fotos)

Pernah nggak kamu merasa kulitmu terasa kering, kusam, dan mudah iritasi? Hati-hati, bisa jadi itu tanda ciri-ciri kulitmu sedang mengalami dehidrasi!

Kulit dehidrasi disebabkan oleh kekurangan air pada lapisan kulit. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti kurang minum air putih, paparan sinar matahari berlebihan, penggunaan produk skincare yang tidak tepat, dan pola hidup yang tidak sehat.

Dehidrasi pada kulit bisa menyerang semua jenis kulit lho dan jika tidak segera diatasi, dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti keriput, garis halus, jerawat, dan bahkan eksim. Nah, agar kamu bisa segera menyelamatkan kulitmu dari dehidrasi, kenali yuk ciri-ciri nya.

1. Kulit terasa kering dan kasar

Ini adalah tanda paling umum dari ciri-ciri kulit yang mengalami dehidrasi. Kulitmu mungkin terasa seperti ketarik, terutama setelah mencuci muka atau mandi dengan air hangat.

Bukan hanya itu, kulit juga terlihat seperti bersisik, dan mudah mengelupas, terutama di area sekitar wajah, tangan, dan kaki. Hal ini bisa menyebabkan bakteri masuk ke dalam kulit lebih mudah.

Baca Juga:

2. Kulit tampak kusam dan tidak bercahaya

Kulit yang dehidrasi akan terlihat kusam, pucat, dan tidak bercahaya. Hal ini karena sel-sel kulit tidak mendapatkan cukup air untuk meregenerasi kulit yang baru.

Sel-sel mati ini akhirnya tertinggal pada kulit, sehingga kulit tampak kusam, dan keabu-abuan.

3. Muncul garis-garis halus dan kerutan

Tahu nggak sih kalau garis-garis halus dan kerutan yang muncul pada wajah, tidak melulu karena penuaan dini lho. Dehidrasi juga bisa menjadi penyebabnya.

Saat kekurangan cairan, kulit rentan terhadap penuaan dini, karena kehilangan elastisitasnya. Alhasil, garis-garis halus dan kerutan akan lebih mudah muncul, terutama di area sekitar mata, dahi, dan mulut.

4. Kulit terasa gatal dan iritasi

Dehidrasi dapat membuat kulit mudah sensitif, seperti gatal kemerahan, dan iritasi. Hal ini karena lapisan pelindung kulit yang lebih lemah, sehingga tidak bisa melawan bakteri yang masuk.

Akhirnya kulit menjadi lebih sensitif, terutama saat cuaca kering, polusi udara, atau menggunakan skincare berbahan keras, seperti alkohol. Bahkan, skincare yang biasanya cocok pun bisa menyebabkan sensitif pada kulit juga lho, jika kulit dehidrasi.

5. Pori-pori terlihat lebih besar

Kulit dehidrasi dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar. Ini dikarenakan kulit berusaha memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kekurangan air.

Hasilnya, pori-pori membesar dan wajah terlihat lebih berminyak. Bahkan minyak ini bisa terlihat pada kulit yang kering, namun tak berminyak saat dipegang.

6. Muncul jerawat

Kulit dehidrasi dapat memicu produksi minyak berlebih. Produksi ini bertujuan untuk menjadi penghalang kulit agar tidak kehilangan air.

Namun, memproduksi minyak berlebih ini justru dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat muncul pada wajah. Bahkan, bisa membuat wajah normal jadi berminyak.

Baca Juga:

7. Area bawah mata menggelap

Area bawah mata yang mulai menggelap, tidak melulu karena kurang tidur lho, tetapi juga bisa karena kulit yang mengalami dehidrasi. Ketika kulit kekurangan air, jaringan tubuh akan mengalami penyusutan dan kehilangan elastisitasnya, seperti area bawah mata.

Selain itu, volume darah di area sekitar mata juga berkurang, sehingga pembuluh darah terlihat lebih jelas dan membuat area tersebut tampak lebih gelap.

Dengan mengetahui ciri-ciri kulit yang mengalami dehidrasi di atas, tentunya kamu bisa tahu apa saja yang harus dilakukan agar masalah kulit ini tak berlarut-larut. Segera atasi kulit dehidrasimu agar kulitmu kembali sehat, cerah, dan bercahaya!

Baca Juga: 7 Tips Perawatan Kulit Praktis dan Hemat Waktu untuk Wanita Karir yang Sibuk

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Explorer