7 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak, Pikiran Jernih dan Ingatan Menjadi Tajam!


Ilustrasi meningkatkan kecerdasan otak (pixabay.com/geralt)

Memiliki otak yang jenius merupakan impian semua orang. Meskipun faktanya, hanya beberapa yang memiliki otak yang jenius seperti ilmuwan fisika Albert Einstein dan beberapa ilmuwan lainnya.

Salah satu ciri dari memiliki otak yang jenius yaitu bisa memecahkan masalah yang rumit serta mengingat sesuatu dengan cepat baik itu ingatan masa sekarang maupun ingatan masa lalu. Lalu, adakah cara meningkatkan daya ingat otak kita?

Memiliki daya ingat ingat yang tajam sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Kita mungkin akan merasa kesal, ketika menaruh barang di suatu tempat dan saat dibutuhkan, kita lupa menaruhnya di mana.

Jadi memiliki daya ingat yang baik sangat dibutuhkan dalam segala kondisi dan keadaan. Kali ini kita akan bahas sebuah artikel yang mungkin sangat berharga bagi kamu, yaitu cara meningkatkan daya ingat otak.

1. Lakukan senam otak

Disela-sela padatnya aktivitas kamu, usahakan melakukan senam otak. Senam otak dapat dilakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan yang kamu harus jawab sendiri. Seperti, menyebutkan 10 barang yang ada di dapur, 10 barang yang ada di ruang kerja atau ruang sekolah, atau pertanyaan lainnya.

Mengisi kata-kata yang tersembunyi di teka-teki silang merupakan cara yang sangat ampuh untuk melatih otak dan mempertajam daya ingat kamu. Bisa juga dengan bermain puzzle, membaca, bermain catur, atau menghafal gambar. Ini akan membantu menjaga kemampuan daya ingat otak.

Bisa juga dengan mencoba menghafal nomor telepon, tanggal ulang tahun teman, atau kata-kata dalam bahasa asing.

2. Beri nutrisi atau makanan untuk perkembangan otak

Seperti tubuh, otak juga membutuhkan nutrisi atau makanan untuk daya ingat yang lebih baik. Jenis makanan yang baik untuk nutrisi atau makanan otak yaitu sayuran yang berwarna hijau (Bayam dan sayuran yang berwarna hijau lainnya) serta ikan (dalam hal ini ikan tuna dan ikan salmon).

3. Minum air putih yang cukup

Semua organ tubuh kita tidak terkecuali otak memerlukan air untuk menunjang kinerjanya agar lebih optimal. Dalam  hal ini, minum air putih yang cukup merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk mempertajam daya ingat otak kamu. Idealnya kita harus minum air putih 8 gelas air putih setiap harinya.

4. Istirahat yang cukup

Usahakan mengistirahatkan otak kamu ketika sudah bekerja seharian. Tidur merupakan cara yang paling efektif untuk mengistirahatkan otak dan pikiran kamu. Agar saat bangun, otak lebih fresh serta mampu bekerja optimal dalam membantu aktivitas kita sehari-hari yang sangat membutuhkan kerja otak disamping fisik kita.

Dengan istirahat atau tidur dapat mempertajam daya ingat otak kita. Istirahat yang cukup juga membantu otak memproses informasi dan memperkuat memori.

5. Istirahatkan otak selama beberapa menit

Bagi kamu yang melakukan aktivitas yang sangat membutuhkan daya ingat otak, ada baiknya untuk mengistirahatkan otak kamu selama beberapa menit. Agar otak kamu lebih fresh lagi dalam mengingat berbagai hal dalam pekerjaaan kamu. Istirahat sejenak membantu mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi serta daya ingat.

6. Berusaha mengingat kenangan masa lalu

Berusaha mengingat kenangan masa lalu yang indah merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat otak kamu. Seperti kenangan dengan teman-teman kamu waktu di sekolah maupun di bangku kuliah maupun kenangan indah lainnya.

Atau bisa juga melatih otak dengan mengingat nama seseorang teman lama, bagaimana bentuk fisiknya, apa hobinya, bagaimana cara dia berbicara, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

7. Olahraga rutin

Olahraga membantu melancarkan sirkulasi darah ke otak dan mendorong perkembangan sel-sel saraf baru yang penting untuk penyimpanan memori.

Usahakan melakukan olahraga tubuh kamu setiap pagi. Karena olahraga sangat baik untuk kesehatan dan memperlancar peredaran darah di tubuh termasuk otak kamu. Sehingga akan mampu mempertajam daya ingat otak kamu.

Itulah beberapa cara meningkatkan daya ingat otak. Ingat, semua tidak ada yang instan. Dibutuhkan konsistensi dan kesabaran dalam melatih otak agar bisa lebih optimal. Selamat berlatih!

Baca Juga: Ini 4 Tanda Otak Mengalami Kelelahan, Baca Baik-baik!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Novice