7 Cara Membangunkan Anak Sahur Tanpa Rewel


Ilustrasi membangunkan anak tidur (pixabay.com/ indrairawan)

Membiasakan anak bangun sahur dan berpuasa adalah tantangan yang tak mudah, karena jika salah cara membangunkan, bisa menyebabkan moodnya jelek dan berakhir nggak mau sahur dan berpuasa. Tapi tenang aja, ada kok cara membangunkan anak sahur tanpa rewel, sehingga anak pun bisa semangat sahur dan puasanya.

Meski mungkin butuh proses dan kesabaran yang tak sedikit, namun kamu bisa mencobanya dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Buat jam tidur anak lebih awal

Salah satu cara membangunkan anak sahur tanpa rewel adalah buatlah jam tidur anak lebih awal dengan teratur. Rutinkan anak tidur di jam yang sama selama bulan Ramadan ya, seperti di jam 20:30 atau jam 21:00 setiap malamnya.

Perhatikan juga kenyamanan tidur anak karena ini dapat memengaruhi kualitas tidurnya. Tidur dengan kasur yang nyaman dan ruangan gelap, biasanya akan membantunya tidur lelap.Perlu diingat juga, jangan bangunkan anak terlalu cepat ya, bangunkan sekitar 30 menit menjelang sahur agar dia bisa mempersiapkan diri lebih dulu.

Baca Juga:

2. Mulai ajarkan manfaat sahur

Kamu juga harus mengajarkan anak mengapa harus santap sahur serta manfaat yang didapatkan. Dengan memberinya berbagai informasi ini, tentu akan membuat anak lebih paham dan hatinya terdorong sendiri untuk melakukan sahur.

Ajarkan anak dengan tutur kata lembut dan bahasa yang mudah dipahami, supaya dia mengerti dan makin antusias untuk ikut sahur.

3. Bangunkan anak dengan kasih sayang

Anak yang belum pernah melaksanakan sahur, akan cukup sulit untuk dibangunkan. Maka itu, perlu cara khusus agar dia mau membuka mata dan menggerakkan tubuhnya untuk sahur. Salah satunya dengan membangunkan anak penuh kasih sayang dan suara yang lembut.

Jangan sekalipun membentak anak atau memaksanya untuk bangun ya, karena selain menimbulkan suasana hati yang buruk, anak pun bisa trauma dan malas. Jadi, lebih baik bangunkan dia dengan menggoyangkan tubuhnya perlahan diiringi panggilan sayang.

Kemudian, ajak anak sahur bersama dan temani dia menuju meja makan agar tidak kembali lagi ke tempat tidur.

Baca Juga:

4. Buat makanan favoritnya

Seorang anak biasanya mau makan jika dibuatkan menu makanan favoritnya. Maka tak ada salahnya untuk menyiapkan beberapa menu favoritnya agar semakin bersemangat santap sahur.

Kamu bisa membuat makanan favoritnya dengan inisiatif sendiri atau tanyakan langsung pada anak sebelumnya, ingin menu sahur apa. Oh iya, pastikan juga kebutuhan nutrisi sahurnya tercukupi ya agar dia tidak lemas saat berpuasa.

5. Ajak anak masak bersama

Selain menyiapkan menu favoritnya, tidak ada salahnya juga untuk mengajak dia memasak bersama. Meski mungkin agak ribet, tapi cara ini bisa membuat anak bersemangat untuk bangun apalagi jika memasak menu favoritnya.

Jangan lupa ajak juga anak untuk berkreasi dan mengeksplor menu sahur yang tengah dimasak agar semangatnya makin terasa.

Baca Juga:

6. Beri hadiah

Mengapresiasi anak dengan memberinya hadiah karena berhasil bangun sahur akan membuat anak lebih bersemangat untuk sahur. Kamu bisa memberikan hadiah dalam bentuk barang atau makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi saat berbuka puasa nanti.

Untuk hadiah barang, bisa kamu janjikan saat lebaran nanti agar anak semakin bersemangat sahur dan berhasil puasa sebulan penuh. Namun, tetap berikan pengertian pada anak ya manfaat sahur dan puasa apa saja. Jangan sampai, anak mau bangung sahur semata-mata hanya karena ingin mendapatkan hadiah.

Semoga, dengan mengikuti cara membangunkan anak sahur tanpa rewel di atas, anak berhasil sahur dan berpuasa selama sebulan penuh. Jangan lupa diterapkan ya!

Baca Juga: 5 Tips Aman dan Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Senior