7 Cara Facial di Rumah Ala Salon, Wajah Kinclong Makin Pede!


Ilustrasi melakukan facial di rumah

Sebagai ibu, membagi waktu adalah hal yang kerap menjadi masalah krusial. Termasuk waktu untuk perawatan kecantikan yang kerap di sebut sebagai me time-nya para wanita. Nah, setelah menjadi ibu tentunya waktu untuk perawatan kecantikan ini kerap dikesampingkan, bayangkan saja salon dengan waktu perawatan yang bisa dibilang lama menjadikan Bunda berpikir dua kali untuk mendatanginya. Apalagi jika tidak ada yang menggantikan penjagaan untuk si kecil.

Sedangkan di sisi lain, memiliki kulit wajah yang cantik, cerah, dan halus sepertinya menjadi impian hampir seluruh wanita khususnya istri. Banyak hal yang perlu dilakukan sebagai perawatan, misalnya memakai krim siang-malam, masker, hingga facial di salon.

Namun, tahukah Bunda, facial bukan hanya bisa dilakukan di salon, lho! Bunda juga bisa melakukannya facial sendiri di rumah, tanpa perlu ribet dan tanpa menggunakan banyak alat. Gimana cara facial di rumah ala salon? Yuk, kita kupas sampai habis.

1. Bersihkan Wajah

Cuci wajah terlebih dulu. Bisa dengan pembersih penyegar maupun facial foam. Pembersih jenis apa pun bisa Bunda gunakan, asalkan sesuai dengan kondisi kulit, ya. Wajah yang bersih ini akan memudahkan penyerapan vitamin dan zat-zat lain yang diperlukan oleh kulit.

Baca Juga:

2. Pijat Wajah

Memijat wajah berguna untuk merilekskan otot-otot dan supaya sirkulasi darah pada wajah jadi lebih lancar. Gunakan minyak zaitun atau moisturizer untuk memijatSetelahnya, bersihkan wajah dengan handuk yang telah di celup air hangat.

3. Scrubbing

Scrubbing berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah sehingga sel kulit baru dapat teregenerasi dengan baik. Banyak produk facial scrub yang di jual di pasaran. Ada pula yang menyebut facial scrub ini dengan sebutan peeling. Selain yang beredar di pasaran, bunda juga bisa membuatnya sendiri secara alami dari campuran gula pasir, air mawar, dan minyak zaitun. Bilas bersih wajah setelah proses scrubbing.

4. Face Steaming

Steaming atau penguapan bertujuan untuk membuka pori-pori kulit wajah sehingga memudahkan untuk mencari atau mengeluarkan kotoran wajah yang menyumbat pori kulit.

Memang ada alat khusus untuk steaming. Namun alat ini bisa diciptakan sendiri di rumah dengan menggunakan baskom berisi air panas dan handuk kecil yang bersih. Basahi handuk dengan air panas lalu tutup wajah dengan menggunakan handuk selama 3-5 menit. Setelah tahapan ini, komedo maupun kotoran penyumbat pori bisa dikeluarkan lebih mudah dengan menggunakan alat pengangkat komedo maupun porepack.

5. Hidrasi

Setelah proses pembersihan komedo tentunya akan membuat wajah sedikit kotor, hingga perlu kita bilas dengan air lagi hingga bersih. Namun cukup tepuk-tepuk wajah dengan tisu untuk mengeringkan wajah agar kulit tetap terhidrasi dengan baik sebelum proses selanjutnya.

6. Masker

Hal yang paling ditunggu dari saat facial sendiri biasanya adalah saat kita bisa tiduran dengan tenang dalam kondisi memakai masker. Apalagi setelah sakit mengeluarkan komedo. Wajah kembali disegarkan dengan masker dan kandungan yang ada di dalamnya untuk menutrisi dan meremajakan kulit.

Masker wajah ini banyak dijual dalam bentuk pasta siap pakai maupun bubuk. Atau yang lebih baik menggunakan masker alami misalnya dengan putih telur, bubuk beras, madu, kopi, dan banyak lagi resep masker yang bisa Bunda cari dari internet.

Oleskan masker secara merata ke seluruh bagian wajah. Untuk bagian mata, Bunda bisa menutupnya dengan irisan mentimun segar. Diamkan masker wajah ini selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Gunakan juga balok kecil es batu untuk menutup pori sekaligus hidrasi untuk kulit setelah di bersihkan dari masker.

Baca Juga:

7. Oleskan Serum

Mengoleskan serum dan pelembab adalah sesi home facial sendiri terakhir. Dalam kondisi bersih dan segar, penyerapan nutrisi dari serum dan pelembab jauh lebih baik dari sebelum wajah bersih. Jadi jangan sampai terlupa yaa.

Nah, Bunda, demikianlah langkah-langkah untuk facial di rumah ala salon. Mudah dan murah, bukan? Tak perlu lagi bingung mencari waktu perawatan wajah, karena bisa dilakukan kapan saja di rumah.

Baca Juga: Tips Cantik Tanpa Perawatan yang Mahal, Ini 6 Langkahnya!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Novice