6 Taktik dan Strategi Digital Marketing Untuk Keberhasilan Bisnis Online


Strategi digital marketing

Secara umum digital marketing adalah semua kegiatan untuk mempromosikan produk melaluiĀ  media sosial dan platform digital lainnya dengan menggunakan koneksi internet. Digital marketing dapat membantu memperluas jangkauan pasar dan memperbanyak target kepada konsumen atau pembeli.

Berbeda halnya dengan pemasaran secara konvensional yang menjual barang secara terbatas di lingkup suatu daerah tertentu, digital marketing mampu menjangkau target pasar yang sangat luas dan tidak terbatas.

Saat ini para pebisnis lebih memanfaatkan digital marketing, karena jangkauan konsumen yang lebih luas, dan dapat menghemat biaya pemasaran. Jika dibandingkan dengan cara tradisional, digital marketing jauh lebih unggul.

Baca Juga:

Perbedaan yang lebih signifikan, pada pemasaran secara konvensional dilakukan secara offline. Sedangkan digital marketing menggunakan internet dan aplikasi digital.

Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh pebisnis dari digital marketing di antaranya adalah

  • Tingkat penjualan yang dihasilkan lebih tinggi.
  • Biaya pemasaran jauh lebih hemat.
  • Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan langsung dan seketika.
  • Komunikasi antara penjual dan pembeli tanpa batasan waktu.
  • Produk menjadi lebih mudah dilihat dan diakses oleh masyarakat luas.
  • Biaya iklan digital marketing pun jauh lebih murah dibandingkan pemasaran konvensional.

Untuk meningkatkan performa penjualan diperlukan taktik dan strategi digital marketing yang tepat. Berikut taktik dan strategi digital marketing yang perlu pebisnis ketahui.

1. Identikasi target pasar atau calon pembeli

Pada tahap awal, lakukanlah identifikasi calon pelanggan. Melakukan identifikasi calon pelanggan dapat mencakup demografi, preferensi, dan masalah yang ingin diselesaikan. Pebisnis harus membuat pandangan tentang siapa yang menjadi target konsumennya.

Tujuan dari menentukan target konsumen ini adalah agar pemasaran dapat berjalan relevan dan lebih terarah.

2. Menetapkan sasaran dan tujuan digital marketing

Tentukan sasaran yang ingin dicapai melalui digital marketing, misalkan penjualan yang meningkat, merek menjadi terkenal, atau jumlah pelanggan yang bertambah. Pebisnis akan lebih terbantu jika sudah menetapkan tujuan yang jelas.

Jika sasaran dan tujuan digital marketing sudah jelas, maka akan lebih mudah untuk menjangkau konsumen yang lebih tepat dalam menjalankan upaya pemasaran.

3. Memantau dan mengevaluasi media atau platform digital marketing

Lakukan peninjauan dengan mengevaluasi situs web, media sosial, hingga kampanye. Dengan melakukan tinjauan, pebisnis dapat mengenali kekuatan, kelemahan, dan peluang untuk meningkatkan keefektifan kampanye berikutnya.

4. Menetapkan budget atau anggaran untuk pemasaran

Pebisnis harus menetapkan budget pemasaran jika ingin terjun ke bidang marketing. Budget pemasaran merupakan anggaran yang ditetapkan untuk melakukan digital marketing. Alokasikan modal untuk pemasaran secara rasional dan realistis.

Penetapan budget yang jelas, dapat membantu pebisnis tidak boros dan tak mengeluarkan biaya yang tidak perlu.

5. Memilih metode digital marketing

Pilihlah metode digital marketing untuk menentukan langkah selanjutnya. Sesuaikan metode marketing dengan jenis bisnis online. Ada begitu banyak metode digital marketing, seperti SEO, iklan berbayar, pemasaran konten, serta pemasaran email.

Untuk menentukan metode digital marketing, pebisnis harus mengetahui target pasar dan tujuan menjual produk. Sesuaikan jenis bisnis online dengan kebiasaan pelanggan yang membeli produk tersebut.

Baca Juga:

6. Selalu memantau dan mengontrol strategi digital marketing yang sudah berjalan

Pantau dan kontrol kemajuan digital marketing. Pemantauan dan pengontrolan diperlukan bagi marketing yang sukses. Lacak kinerja pemasaran dan buat laporan berkala. Laporan bisa dibikin mingguan atau bulanan agar pebisnis mengetahui perkembangan dari pemasaran yang sudah berjalan.

Pebisnis harus membangun branding yang kuat. Tanpa adanya branding, produk yang dipasarkan tidak akan dikenali bahkan tidak mendapat kepercayaan dari konsumen. Hal ini bisa dengan cara menambahkan logo dan tagar perusahaan agar maksud pemasaran produk bisa sampai di konsumen.

Demikianlah informasi mengenai taktik dan strategi digital marketing yang dapat digunakan untuk menunjang keberhasilan bisnis online.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Kreatif di Era Digital, Solusi Meraih Banyak Cuan!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!