6 Manfaat Seni Melipat Kertas dari Negeri Sakura

Siapa sangka, seni melipat kertas banyak manfaatnya


Mungkin tidak banyak yang tau, jika seni melipat kertas itu banyak sekali manfaatnya, apa saja, ya

Sebelum itu, ada baiknya kita cari tau dulu, yuk, apa itu seni melipat kertas? 

Seni melipat kertas atau yang kita kenal dengan origami (折り紙, dari ori berarti “lipat”, dan kami yang berarti “kertas” dalam bahasa Jepang) adalah seni untuk melipat kertas menjadi berbagai bentuk, baik bentuk hewan, benda, maupun bentuk lainnya, dengan cara yang terstruktur dan teratur. Origami adalah seni yang berasal dari Jepang, seni ini telah ada selama berabad-abad.

Kebanyakan orang, biasanya membuat origami untuk dijadikan sebagai hiasan dinding, hadiah ataupun dekorasi lainnya. Di negara asalnya, Jepang, origami sering digunakan sebagai simbol keberuntungan dan juga kebahagiaan.

Meskipun origami biasa menggunakan kertas, tapi membuat origami tidak terbatas pada kertas saja, seni ini juga dapat dilakukan dengan berbagai jenis bahan, seperti kulit yang lentur, kain, dan juga plastik.

Nah, setelah mengetahui tentang origami, mari kita lihat apa saja manfaat dari seni melipat kertas ini. Ada enam manfaat yang dapat kita peroleh dari kegiatan ini, yaitu:

1. Memperkuat konsentrasi dan memperbaiki keterampilan motorik halus

Membuat origami tentu saja membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan kemampuan yang mumpuni untuk mengikuti instruksi dengan tepat, hal ini memiliki peran sangat tinggi untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi kita. Selain itu juga, dalam melipat sesuatu, dalam hal ini kertas dan bahan lainnya, kita memerlukan kemampuan motorik halus. Kemampuan motorik halus ini bisa dilatih dan diperkuat dengan membuat origami.

2. Meningkatkan kemampuan matematika dan spasial

Origami disinyalir mampu meningkatkan seseorang dalam memahami konsep matematika dan spasial (sesuatu yang berkaitan dengan ruang dan tempat), karena dalam membuat origami kita akan dipaksa, bahkan diharuskan untuk membuat berbagai sudut yang harus simetris, juga harus bisa membandingkan ukuran dari lipatan satu ke lipatan lainnya, dengan begitu kita terbiasa dan memahami konsep matematika dan spasial.

3. Menghilangkan stres

Membuat origami membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan harus fokus. Dalam melakukannya kita dituntut untuk tidak terlalu memikirkan masalah lainnya, harus konsentrasi penuh, maka melakukan origami dapat menjadi cara yang efektif untuk mengeluarkan stres dan menenangkan pikiran.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Kegiatan Menyenangkan Untuk Isi Waktu Luangmu

4. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi

Biasanya membuat origami akan menyenangkan jika dilakukan bersama-sama atau secara berkelompok, hal ini akan sangat menyenangkan dan jadi cara terbaik untuk berinteraksi dengan orang lain, sehingga mengasah kemampuan kita dalam berkomunikasi dengan orang banyak.

5. Meningkatkan kreativitas

Untuk membuat bentuk origami yang indah dan ideal sesuai dengan instruksi dan keinginan kita, tentu kita tidak bisa membuatnya secara asal-asalan, kita harus mengembangkan kreativitas yang di luar kebiasaan kita dalam membuat origami. Hal ini sangat membantu kita dalam meningkatkan kemampuan kreativitas kita, sehingga akan sangat bermanfaat bagi kehidupan lainnya yang membutuhkan kreativitas yang tinggi.

6. Menyenangkan

Terakhir, membuat origami membuat kita bersenang-senang dalam proses pembuatannya, sangat menghibur, dan membuat kita melupakan sejenak kerumitan dunia serta membantu kita lebih rileks, juga tentu saja kita akan merasa bahagia.

Banyak orang pada akhirnya menikmati membuat origami, apalagi jika hasilnya sesuai dengan yang kita harapkan. Kegiatan ini juga bisa kita terapkan untuk mengenalkan berbagai bentuk kepada anak-anak. Dengan melakukannya bersama anak-anak, tentu akan meningkatkan hubungan antara ibu dan anak, maupun adik dengan kakak.

Bagaimana, banyak manfaatnya, bukan? Jadi, tunggu apa lagi, segera ambil kertas dan lipat menjadi bentuk yang paling baik versimu. Semangat!

Baca Juga: 8 Kegiatan Produktif Untuk Menyibukkan Diri di Tengah Pandemi

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *