6 Hal yang Harus Dibicarakan Sebelum Menikah dengan Pasangan, Jangan Ada Dusta!


Mempersiapkan pernikahan dengan orang yang dicintai tentu menyenangkan, tetapi ada hal-hal yang harus dibicarakan dengan pasangan sebelum menikah agar tidak menjadi drama di kemudian hari. Mulai dari konflik masa lalu, konflik keluarga, persiapan sebelum pernikahan, keuangan, maupun konflik lainnya.

Membicarakan hal penting sebelum menikah adalah hal wajib demi kelangsungan pernikahan kalian kelak. Lantas apa saja hal yang harus dibicarakan sebelum menikah dengan pasangan? Ini dia daftarnya.

1. Perihal keuangan

Keuangan menjadi topik pembicaraan yang sangat sensitif bagi setiap orang. Tetapi, topik ini harus dibicarakan dengan pasangan sebelum menikah supaya tidak menjadi masalah untuk rumah tangga kalian ke depannya.

Misalnya, jumlah pendapatan perbulan, kalian orang yang boros atau suka menabung, rekening tabungan dipisah atau digabung, keuangan untuk pembelian besar seperti properti dan kendaraan, serta pembelian rumah. Tak lupa juga tanyakan mengenai uang untuk belanja bulanan, seperti primer dan sekunder hingga berapa kira-kira uang bulanan yang akan didapat.

Baca Juga:

2. Perihal keluarga besar pasangan

Ini menjadi pertanyaan krusial yang wajib kamu tanyakan, mengingat tak sedikit masalah pernikahan hingga rumah tangga terjadi karena perselisihan keluarga besar. Maka itu, sebelum menikah baiknya bertanya dan amati bagaimana karakter keluarganya.

Jangan sungkan untuk bertanya mengenai tradisi dan kebiasaan keluarga pasangan, terutama orang tuanya, serta tanyakan apakah keluarganya rukun atau ada konflik. Tanyakan juga bagaimana keluarganya dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah.

Sebab, cara dia bersikap dan mengambil keputusan biasanya dipengaruhi oleh kebiasaan dalam keluarganya. Jadi, setidaknya kamu punya gambaran seperti apa dan bisa mempertimbangkan kembali mau lanjut atau tidak setelah tahu cara yang dia atau keluarganya lakukan.

3. Masalah utang

Masalah finansial satu ini juga wajib banget kamu tanyakan dengan pasangan. Kalian wajib saling terbuka mengenai utang, apakah memiliki utang, berapa besar utang yang dimiliki, utang untuk apa, dan bagaimana cara membayar utang tersebut.

Pastikan kamu dan pasangan sama-sama terbuka perihal utang ini dan tahu bagaimana cara melunasinya. Jangan sampai, pasanganmu memiliki utang, tetapi tidak berniat untuk membayarnya dan akhirnya kamu yang bertanggung jawab penuh dengan pembayarannya.

4. Perihal agama

Meski agama kalian sama, bukan berarti pemahaman dan cara menjalankannya sama. Terkadang tetap ada perbedaan yang terjadi dan ini sangat penting untuk ditanyakan pada pasangan.

Tanyakan baik-baik, bagaimana dia mendalami dan menjalani agamanya, apakah dia rajin beribadah. Kemudian bagaimana dia mencampurkan agama untuk menjalani pernikahan serta bagaimana cara pasangan mendidik dan mengajarkan agama pada anak.

Tanyakan segalanya jangan sampai ada perbedaan yang bisa memicu masalah nantinya.

5. Perihal tempat tinggal

Selanjutnya, tentukan di mana kalian akan tinggal setelah menikah supaya menemukan tempat untuk menetap yang nyaman. Apakah bersama mertua, ngontrak, sewa apartemen atau membeli rumah sendiri?

Tanyakan pertanyaan ini dengan detail dengan pasangan serta beri alasan mengapa harus tinggal di tempat tersebut. Entah dekat dengan tempat kerja, sekolah untuk anak di masa depan, dna sebagainya. Pastikan pilihan tersebut sudah dipertimbangkan dan ditentukan secara matang bersama-sama.

Baca Juga:

6. Berbagi rahasia besar

Terakhir, saling terbuka dengan berbagi rahasia besar pada pasangan juga menjadi point penting yang harus dilakukan. Membicarakan rahasia yang disimpan merupakan bentuk kejujuran, keterbukaan dan kepercayaan kita terhadap pasangan.

Coba saja jujur mengenai rahasia kecil hingga rahasia besar, mulai dari masalah kesehatan fisik dan mental, hingga rahasia keluarga. Keterbukaan dan kejujuran yang dilakukan ini nantinya bisa menjadi pondasi kuat runtuk umah tangga ke depannya dan membuat hubungan lebih intim.

Menikah dengan pasangan yang berbeda karakter tentu tidak mudah. Maka itu, ada hal-hal yang harus dibicarakan sebelum menikah dengan pasangan agar kamu tahu bagaimana pasangan dengan segala kehidupan dan pemikirannya agar hubungan kalian bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Persiapan Menikah Bagi Laki-laki, 5 Hal ini Harus Diperhatikan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor