5 Ciri-ciri Orang Memanfaatkan Kita, Bukan Benar-Benar Baik

Yuk kendali ciri-ciri orang memanfaatkan kita. Jangan sampai dimanipulasi


Ilustrasi ciri-ciri orang memanfaatkan kita (pexels.com/julia_larson)

Memiliki orang-orang baik di sekitar itu menyenangkan, karena aura positif tersebut bisa membuatmu bahagia dan nyaman. Namun, pernah nggak sih terpikir bahwa seseorang itu cuma memanfaakan kita, bukan benar-benar baik? Sudahkah kamu mengenali ciri-ciri orang memanfaatkan kita?

Pentingnya mengetahui apakah mereka benar-benar tulus sama kamu atau tidak, agar tidak mudah dimanfaatkan dalam berbagai situasi. Nah, supaya kamu tidak terjebak, yuk kenali ciri-ciri orang memanfaatkan kita dalam penjelasan di bawah ini.

1. Hanya fokus pada apa yang kamu miliki

Coba diingat, ada nggak orang terdekat, entah kerabat, teman, atau yang lainnya mencarimu hanya saat dia membutuhkan sesuatu milikmu? Misal, ingin meminjam kendaraan, uang, laptop, atau hal lain yang kamu punya. Jika ada, itu tanda dia cuma memanfaatkan kamu saja dan berhatilah-hatilah dengan orang itu.

Saat milikmu belum didapatkan, dia berupaya terus merayu dan baik banget sama kamu. Tetapi, ketika telah terpenuhi, dia akan sangat jarang menghubungimu. Kalau begini, kamu harus segera waspada ya. Bukan berarti nggak boleh membantu, tapi kalau dia cuma memanfaatkan kamu, alangkah baiknya jaga jarak aja deh.

Baca Juga:

2. Kamu selalu mengeluarkan modal

Saat kalian tengah pergi bersama ke tempat makan, tapi kamu yang selalu mengeluarkan modal untuk membayar.Hati-hati, itu bukan pertanda hubungan keakraban yang bagus karena dia cuma memanfaatkan kebaikanmu.

Mentraktir orang lain sih nggak salah, tetapi kalau terus-terusan kamu yang bayar itu bukan traktir lagi namanya. Kamu sedang kasih dia makan gratis tanpa perlu usaha atau memberikan timbal balik. Duh, lebih baik jauh-jauh deh dari tipe orang kayak gini.

3. Menggantungkan banyak hal padamu

Namanya hidup pasti membutuhkan orang lain, tetapi bukan berarti menggantungkan banyak hal pada orang lain. Begitu juga dalam sebuah hubungan, entah pertemanan, atau sejenisnya.

Kalau semisal dia selalu menggantungkan segalanya padamu, apa-apa kamu, pokoknya selalu ke kamu, kayaknya itu bukan sesuatu yang wajar deh. Meminta bantuan orang sih boleh, tapi kalau bergantung semuanya ke kamu kayaknya dia cuma mau manfaatin kebaikan kamu aja.

4. Tidak ada timbal balik

Hubungan yang sehat, pasti akan saling membantu satu sama lain. Kalau dia membutuhkan, kamu akan membantu sebisamu pun sebaliknya dia juga melakukan hal yang sama kepadamu saat membutuhkan bantuannya.

Akan tetapi, kalau cuma kamu yang selalu menolong atau selalu ada untuknya, sementara dia menolak ketika kamu membutuhkan bantuannya. Sudah jelas, dia cuma manfaatin kamu, cuma ada saat dia butuh.

Padahal, kebaikan dan sehatnya sebuah hubungan itu ditandai adanya timbal balik, bukan hanya dari satu arah saja. Kamu cuma menjadi penolong, tapi tidak ditolong.

Baca Juga:

5. Dia cuma mau didengar tanpa mendengar balik

Saling berbagi cerita, berbagi perasaan emosional adalah hal yang wajar untuk sebuah hubungan. Tetapi, kalau orang terdekatmu yang mendominasi semuanya, tanpa peduli bahkan nggak mau mendengarkan hal yang sebaliknya kamu rasakan, tandanya dia egois, cuma mau didengar tanpa mendengarmu.

Dia cuma mau kamu menjadi tempat pelampiasannya, tetapi dia nggak mau jadi tempat pelampiasan kamu dan ini nggak sehat. Harusnya, sebagai orang terdekat kita bisa menjadi tempat ternyaman dan tempat berbagi satu sama lain, bukan hanya mendominasi sendirian saja.

Berhubungan baik itu penting, tapi kamu harus peka apakah dia cuma memanfaatkan kamu atau tidak, jangan sampai kamu dimanipulasi. Semoga, dengan artikel ciri-ciri orang memanfaatkan kita di atas, bisa membantumu untuk lebih berhati-hati ya.

Baca Juga: Bikin Hubungan Hancur, Ini Dia 5 Perilaku Micro Cheating!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor