5 Cara Menyimpan Kue Kering Agar Tahan Lama, Anti Melempem dan Jamuran!


Ilustrasi menyimpan kue kering

Cara menyimpan kue kering agar tahan lama apalagi saat momen hari raya  perlu diperhatikan. Hari raya biasanya memang identik dengan berbagai jenis kue kering, seperti kue nastar, putri salju, dan berbagai kacan-kacangan. Hampir di berbagai wilayah di Indonesia, memiliki tradisi menyediakan kue kering saat hari raya.

Namun, ada kalanya karena mempersiapkan kue jauh-jauh hari, terkadang kita merasa khawatir kue kering tidak awet dan kehilangan kerenyahan. Untuk itu, kita perlu mengetahui cara menyimpan kue kering agar tahan lama. Yuk simak informasinya berikut ini. Selamat mencoba.

1. Masukan kue kering dalam keadaan dingin dan tutup rapat stoples

Cara menyimpan kue kering agar tahan lama yang pertama adalah dengan memastikan kue kering dalam keadaan dingin sebelum masuk ke dalam stoples. Meskipun terlihat sepele, ternyata hal ini cukup penting dilakukan lho.

Biarkan kue yang masih hangat atau masih panas terlebih dahulu hingga dingin. Kemudian baru masukkan ke dalam stoples. Hal ini penting dilakukan agar tidak mudah melempem nantinya.

Hal ini perlu diperhatikan agar kelembapan udara tidak merusak tekstur kue kering. Jika udara masuk ke dalam stoples, kue bisa dengan mudah melempem dan rasanya juga tidak lagi renyah.

Baca Juga:

2. Stoples yang digunakan harus bersih dan kering

Stoples yang kamu pakai harus bersih dan usahakan steril. Hal itu bisa menjadi tips agar kue kering renyah dan tahan lama saat lebaran. Sebelum meletakkan kue ke dalam stoples, lebih baik kamu mencuci stoples dengan bersih dan bilas dengan air panas terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk mengeringkan stoples. Setelah itu, kamu bisa menyimpan kue di dalamnya dan bisa membuat kue lebih awet dan tetap renyah.

3. Satu stoples untuk satu jenis kue

Terkadang beberapa orang mencampur berbagai jenis kue ke dalam satu stoples yang sama. Padahal hal itu tidak baik dilakukan dan sangat mempengaruhi kelembapan kue. Kue kering bisa menjadi cepat rusak jika dicampurkan dengan jenis kue yang lain.

Untuk itu, pastikan satu stoples untuk satu jenis kue sebagai tips agar kue kering renyah dan tahan lama saat lebaran. Karena tingkat kerenyahan setiap kue bisa berbeda satu sama lain, dengan memisahkannya kue kering pun lebih terjaga kualitas dan awet.

4. Masukkan kemasan berisi garam atau silica gel

Selanjutnya, tips agar kue kering renyah dan tahan lama saat lebaran adalah dengan memasukkan silica gel dalam stoples atau wadah kue kering. Dengan hal tersebut, kelembapan kue akan terjaga dan jadi tidak mudah melempem.

Jika tidak memiliki silica gel, ada alternatif lain yang bisa Sahabat Dream coba, yakni menggunakan kemasan berisi garam. Kamu hanya perlu membungkus 1-2 sdt garam dengan kain yang bersih dan kering. Setelah itu masukkan kemasan garam tersebut ke dalam stoples yang akan diisi kue kering. Mudah kan?

Baca Juga:

5. Menyimpan kue kering di tempat yang jauh dari makanan berbau menyengat

Tips agar kue kering renyah dan tahan lama saat lebaran juga bisa dilakukan dengan menjauhkan dari makanan yang berbau menyengat. Kamu perlu melakukannya karena kue kering bisa berubah rasanya bila terlalu dekat atau malah tercampur dengan makanan berbau menyengat.

Oleh karena itu, pastikan stok kue kering yang kamu miliki disimpan jauh dari aneka makanan berbau menyengat, seperti terasi dan buah durian.

Begitulah cara menyimpan kue kering agar tahan lama. Oh ya, kamu juga bisa membuat label khusus untuk ditempelkan di bagian bawah stoples atau di permukaan bawah tutup stoples yang berisi tanggal kamu memasukkan kue tersebut ke dalam stoples. Biar tidak kelupaan dan bisa mengira-ngira kapan batas kedaluwarsanya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Mengenal 5 Kue Cokelat Terbaik dari Berbagai Belahan Dunia Versi Taste Atlas


Explorer