5 Cara Mengajarkan Pentingnya Menjalin Silaturahmi Dalam Islam Kepada Anak


Pentingnya silaturahmi dalam islam (sumber: umrah.com)

Ada banyak alasan kenapa kita perlu menjaga silaturahmi dalam islam. Bagi umat islam. tali silaturahmi dengan tetangga, saudara, kerabat, atau dengan sesama muslim laimnya memiliki keutamaan yang tidak bisa diabaikan. Hal itu sudah tertuang dalam Al-Qur’an dan hadis mengenai pentingnya silaturahmi:

“Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri,” (An Nisa;36)

Rasulullah SAW bersabda, “(Hakikat) orang yang menyambung silaturahmi itu bukan orang yang membalas kebaikan (dengan kebaikan). Akan tetapi, ia yang apabila silaturahminya terputus, bergegas menyambungnya.” (HR. Bukhari)

Sejak usia dini, setiap orangtua dianjurkan untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menjalin silaturahmi. Agar kamu bisa menerapkan hal ini dengan mudah, ada beberapa cara yang efektif untuk mengajarkan pentingnya silaturahmi dalam islam kepada anak-anak yang bisa kamu lakukan.

1. Memberi contoh langsung kegiatan silaturahmi

Cara yang terbaik untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya silaturahmi dalam islam adalah dengan memberi contoh secara langsung lewat tindakan. “Like father, like son” yang bermakna karakter anak tidak akan berbeda jauh dengan karakter ayahnya. Karena anak adalah seorang peniru yang ulung. Tunjukkan kepada anak bagaimana kamu menjalin hubungan yang baik dengan tetangga, saudara, teman, dan lainnya.

Ajak anak untuk ikut mengunjungi rumah tetangga, berkumpul di masjid, atau membantu orang yang membutuhkan. Dengan melihat contoh yang positif dari orangtua, anak-anak akan belajar untuk melestarikan dan merawat hubungan dengan orang lain.

Baca Juga:

2. Mengajarkan empati kepada orang-orang di sekitar

Agar bisa lebih memahami pentingnya silaturahmi, anak-anak perlu diajarkan nilai empati dan cara memahami perspektif orang lain. Ajak anak untuk berempati dengan orang-orang di sekitar mereka, baik itu teman sekelas, tetangga, atau orang yang kurang beruntung.

Bicarakan bersama dengan anak tentang bagaimana pentingnya menjalin silaturahmi yang baik, Hal ini akan membantu memperkuat ikatan sosial kepada orang lain. Bisa juga dengan mengajak anak ikut serta dalam kegiatan seperti memberi makan orang. Lewat pemahaman empati ini, anak akan lebih paham pentingnya silaturahmi dalam islam.

3. Membuat jadwal silaturahmi dalam keluarga

Selain itu, juga bisa membuat tradisi keluarga yang mendukung dan memperkuat silaturahmi tersebut. Misalnya, adakan acara berkumpul bersama keluarga besar pada hari-hari tertentu, atau atur jadwal berkunjung ke rumah kerabat atau tetangga.

Libatkan anak-anak dalam mempersiapkan acara-acara tersebut, seperti menyiapkan makanan, membuat undangan, atau menyampaikan salam kepada tamu. Dengan begitu, anak-anak akan tumbuh dengan kesadaran akan pentingnya menjaga hubungan baik dengan orang lain.

4. Berikan pemahaman kepada anak tentang anjuran silaturahmi dalam Islam

Dalam Islam, silaturahmi menjadi salah satu nilai yang sangat penting dan dianjurkan oleh agama. Ajarkan kepada anak-anak tentang ajaran Islam yang menekankan pentingnya menjaga hubungan baik dengan keluarga, tetangga, dan sesama muslim lainnya.

Bacakan kepada anak-anak hadis-hadis yang berkaitan dengan manfaat silaturahmi, dan jelaskan maknanya dengan bahasa yang mudah mereka pahami. Sehingga, anak-anak akan lebih termotivasi untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:

5. Mengajak anak untuk saling berbagi

Berikan kepada anak-anak pengalaman nyata tentang manfaat dan kebahagiaan yang didapat dari menjalin silaturahmi. Ajak anak untuk bergabung dalam kegiatan sosial, seperti mengunjungi panti asuhan, membantu sesama yang membutuhkan, atau berpartisipasi dalam kegiatan amal.

Melalui pengalaman langsung seperti ini, anak akan belajar menghargai hubungan dengan sesama. Sembari juga membuat mereka merasakan kepuasan emosional dari membantu orang lain.

Mengajarkan anak-anak tentang pentingnya silaturahmi dalam islam, akan membentuk kepribadian dan karakter mereka di masa depan. Dengan demikian, mereka akan tumbuh menjadi individu yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya. Siap membantu anak-anak memahami pentingnya menjalin silaturahmi yang baik?

Baca Juga: 7 Tips Melatih Anak Berpuasa, Dimulai Sejak Balita!


Explorer