25 Merk Kurma dari Israel Beserta Ciri-cirinya, Produknya ada di Mana-Mana


Ilustrasi Kurma dari Israel

Genosida yang dilakukan oleh tentara Israel kepada Palestina di jalur Gaza sampai dengan saat ini masih terus dilakukan. Entah, sudah berapa banyak korban nyawa yang meninggal, baik itu anak-anak, wanita, dan orang tua akibat dari bengis dan kejamnya tentara Israel.

Semua mata dunia menyaksikan hal itu, bagaimana warga Pelestina yang tidak berdaya dengan ditekan habis-habisan oleh Israel, sehingga munculah seruan boikot dalam membeli segala macam produk Israel, termasuk Kurma dari Israel

Dikutip dari laman Palestine Campaign, masyarakat diimbau untuk memeriksa label nama perusahaan yang mengekspor kurma dari Israel pada kemasan.

Israel merupakan salah satu penghasil kurma terbesar di dunia

Di Israel, kurma sudah hadir sejak lama, tepatnya dari 2.000 tahun lalu. Saat itu kurma masih tumbuh liar dan mayoritas berada di daerah Yudea. Dari segi ukuran pun berukuran lebih kecil dengan panjang biji sekitar 1 cm.

Masyarakat saat itu pun menjadi kurma sebagai sumber makanan, baik itu konsumsi utama atau sebagai sarana pengobatan. Setidaknya ada 7 jenis kurma yang tumbuh, antara lain Metuselah, Hana, Adam, Judith, Boas, Yunus dan Uriel.

Singkat cerita, kurma kemudian jadi komoditas perdagangan penguasa. Mengutip Hareetz, Raja Salomo yang berkuasa pada abad ke-10 SM tercatat pernah memperdagangkan pohon kurma antara daerah kuasanya dengan Arab. Meski sudah ada sejak ribuan tahun lalu, kurma zaman dahulu berbeda jenis dengan masa kini.

Sampai sekarang, mulai banyak kebun-kebun kurma di Israel. Dari kebun-kebun tersebut Israel melakukan ekspor kurma ke berbagai negara.

Israel sendiri tercatat sebagai salah satu negara penghasil kurma terbesar di dunia. Berdasarkan catatan statista, Israel mengekspor 2.911 metrik ton per Desember 2021. Di tahun tersebut, lonjakan ekspor terjadi pada bulan Oktober sebanyak 5,672 ton. Total pada Juli 2021 sampai Desember 2021, Israel mampu menghasilkan 20.559 ton kurma untuk diekspor ke berbagai negara.

Adapun jenis-jenis kurma yang dihasilkan Israel, di antaranya Carmel Agrexco, Hadiklaim, hingga syam. Negara-negara tujuan utama ekspor kurma Israel adalah Italia, Inggris, Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Perancis dan Turki. Perancis adalah importir kurma terbesar di Uni Eropa sebanyak 29%.

Ciri-ciri kurma dari Israel

Data mencatat, Israel termasuk negara kedua dengan nilai ekspor kurma terbesar di dunia. Padahal kurma dari Israel merupakan produk dari perusahaan-perusahaan zionis Israel yang mengambil keuntungan dari tanah Palestina. Kanal YouTube Islamic Human Rights Commission (IHRC) TV, Senin (4/3/2024), sebanyak 75 persen kurma Medjool (kurma Israel) di dunia. Israel termasuk pengekspor kurma Medjool terbesar di dunia dan dipasarkan secara masif pada bulan Ramadhan.

Ciri Kurma dari Israel yang diboikot menjelang bulan suci Ramadan, Boycott, Divestment, Sanction (BDS) Australia membagikan ciri-ciri kurma yang diproduksi dari Israel. BDS adalah sebuah gerakan protes dunia yang tidak melibatkan kekerasan. Berikut, cirinya?

  1. Barcode (kode batang) pada kemasan kurma bertuliskan 729. Nomor tersebut adalah nomor seri untuk negara Israel.
  2. Produk kurma dengan merek ekspor Israel, seperti King Solomon, King Medjool, Medjool Plus, Jordan River dan Bahri.
  3. Produk kurma bertuliskan perusahaan ekspor Israel, seperti Medjool Plus, Carmel Agrexco, Mehadrin dan Hadiklaim.
  4. Khusus untuk produk kurma Medjool, tidak semua jenis kurma tersebut diproduksi dari Israel. Kurma ini perlu dicek lagi identitas perusahaan produsennya dalam kemasan.
  5. Kurma tanpa keterangan perusahaan produsen dan asal negara produksi yang jelas. Produk kurma seperti ini diupayakan untuk dihindari agar terhindar dari trik produsen Israel mengelabui pembeli.
  6. Biasanya harga kurma Israel dijual lebih murah dibanding yang lain karena disubsidi oleh pemerintah Israel.

Merk kurma dari Israel

Dikutip dari laman organisasi kemanusiaan Within Our Lifetime (WOL) Palestine, berikut daftar lengkap merk kurma dari Israel yang masuk ke dalam daftar boikot.

  1. Anna and Sarah
  2. Bomaja
  3. Bonbierra
  4. Carmel
  5. Delilah
  6. Desert Diamond
  7. Fancy Medjoul
  8. Food to Live
  9. Jordan Plains
  10. Hadiklaim
  11. Jordan River
  12. Kalahari
  13. Karsten Farms
  14. King Solomon
  15. Mehadrin
  16. NavaFresh
  17. Premium Medjoul
  18. Rapunzel
  19. Red Sea
  20. Royal Treasure
  21. Shams
  22. Sincerely Nuts
  23. Star Dates
  24. Tamara Barhi
  25. Urban Platter

Demikian ciri-ciri dan beberapa merk kurma dari Israel yang sudah beredar luas di dunia. Semoga sumbangsih kecil kita kepada Palestina, dapat memberikan dampak yang besar bagi perdamaian dunia.


Like it? Share with your friends!

Senior