11 Perguruan Tinggi di Jakarta Timur, Mana yang Paling Keren Buat Kuliah?


Perguruan Tinggi di Jakarta Timur

Jakarta Timur, merupakan sebuah wilayah di ibu kota, memiliki berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Dari lembaga pendidikan yang sudah berakar kuat hingga institusi modern yang terus berkembang, Jakarta Timur menawarkan beragam pilihan bagi para pencari ilmu.

Dengan lebih dari 150 perguruan tinggi, Jakarta Timur memang layak menjadi pilihan bagi kamu yang ingin meneruskan pendidikan. Berikut beberapa perguruan tinggi di Jakarta Timur yang bisa menjadi referensi kamu.

1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Perguruan Tinggi di Jakarta Timur yang pertama adalah Universitas Negeri Jakarta (UNJ). UNJ adalah pelopor kampus pendidikan di Indonesia. Dahulu bernama IKIP (Institut Keguruan Ilmu Pendidikan). UNJ memiliki 4 kampus yang berlokasi di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Jurusan di UNJ mencakup Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, dan lainnya.

Baca Juga:

2. Universitas Bina Sarana Informatika (BSI)

BSI memiliki enam akademi dan 25 kampus di berbagai daerah di Indonesia. Di Jakarta Timur sendiri, kampus BSI ada di tiga lokasi, yaitu:  

  • Jl. Kayu Jati V No.2, RT.8/RW.5, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung
  • Jl. Dewi Sartika No.289 4, Cawang, Kec. Kramat jati
  • Jl. SMA Kapin No.292A, RT.9/RW.8, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit

Ada tiga fakultas di BSI, yaitu fakultas Teknik dan Informatika, Ekonomi dan bisnis, komunikasi dan bahasa.

3. Universitas Kristen Indonesia (UKI)

Universitas Kristen Indonesia (UKI) adalah perguruan tinggi swasta berbasis Kristen protestan yang berada di Jl. Mayor Jendral Sutoyo No.2, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur.

Universitas swasta di Jakarta Timur menyelenggarakan program pendidikan pada sembilan fakultas dalam jenjang vokasi, sarjana, magister, dan juga doktor.

4. Universitas Jayabaya

Berdiri sejak tahun 1958, Universitas Jayabaya adalah salah satu kampus swasta tertua di Jakarta Timur dan di Indonesia. Kampusnya beralamat di Jalan Pulomas Selatan Kav.23, Jakarta Timur dan Jalan Raya Bogor Km.28 Cimanggis, Depok.

Universitas swasta di Jakarta Timur ini memiliki delapan fakultas, termasuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Teknik Sipil dan Perancanaan.

5. Kalbis Institute

Kalbis Institute adalah perguruan tinggi swasta yang dikelola secara profesional oleh Yayasan Pendidikan KALBE. Alamatnya di Jl. Pulomas Selatan Kav. No.22, RT.4/RW.9, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur.

Program studi yang ada di Kalbis Institute yaitu Manajemen, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Informatika, Sistem Informasi, dan Desain Komunikasi Visual.

Baca Juga:

6. Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L)

i3L atau yang dikenal juga sebagai Institut Bio Scientia Indonesia) adalah universitas swasta di Indonesia yang berfokus pada ilmu kehidupan. Berlokasi di Jl. Pulomas Barat No.Kav. 88, RT.4/RW.9, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Jakarta Timur, i3L didirikan melalui kolaborasi dengan Karolinska Institute dan Swedish University of Agricultural Sciences.

Program Studi yang ada di i3L yaitu

  • i3L School of Business (iSB) merupakan program relevan industri di bidang bisnis dan manajemen, termasuk International Business Management, Innovation & Entrepreneurship, dan Master in BioManagement.
  • i3L School of Life Sciences (iSLS),  berfokus pada studi organisme hidup, termasuk Biomedicine, Biotechnology, Food Science and Nutrition, Food Technology, dan Pharmacy

7. Universitas Binawan

Universitas Binawan adalah sebuah universitas swasta di Jakarta Timur yang berlokasi di Jl. Dewi Sartika No.25-30, Kalibata, Kec. Kramat jati. Universitas ini berada di bawah naungan Yayasan Binawan.

Beberapa program studi yang ditawarkan oleh Universitas Binawan:

  • D4 – Teknologi Laboratorium Medis
  • D4 – Fisioterapi
  • D4 – Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • S1 – Psikologi: Program studi psikologi Universitas Binawan memiliki fokus pada topik psikologi positif berbasis kesehatan kerja dan komunitas
  • Program Keperawatan: Program ini terdiri dari tiga program studi, yaitu Program Sarjana Keperawatan Internasional, Program Profesional NERS, dan Program Diploma Kebidanan

8. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita (STARKI), yang dulunya dikenal sebagai Akademi Sekretari/Lembaga Pendidikan Kejuruan Tarakanita, bukan sekadar sebuah lembaga pendidikan.

STARKI menyediakan program studi yang relevan dengan dunia kerja. Sejak 1968, STARKI sudah menjadi cikal bakal bagi para sekretaris handal yang mengukir prestasi di berbagai sektor kerja di Indonesia.

Program studi yang ada yaitu;

  • S1 Ilmu Komunikasi
  • D3 Sekretari

9. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kusuma Negara (STIE KN)

Kampus ini terletak di Jl. Raya Bogor KM No.24, Pasar Rebo, RT.3/RW.4, Cijantung, Jakarta Timur. Program Studi yang ada di  STIE KN di antaranya meliputi:

  • Akuntansi
  • Manajemen
  • Pascasarjana

10. STKIP Kusuma Negara

STKIP Kusuma Negara (STKIPKN), yang juga dikenal sebagai STKIPKN Jakarta, adalah sebuah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) yang berlokasi di Raya Bogor, RT.3/RW.4, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur.

Program studi yang ada yaitu;

  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

STKIPKN memiliki beberapa jurnal ilmiah, seperti Sportology Journal, Jurnal Cerlang PG PAUD, dan Journal of Citizenship Values. Jurnal-jurnal ini mempublikasikan penelitian dan inovasi di bidang pendidikan.

11. Universitas Islam Jakarta (UIJ/UID)

Universitas Islam Jakarta (UIJ), yang juga dikenal sebagai UID, adalah sebuah institusi pendidikan berbentuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terletak di Kota Jakarta Timur. Universitas ini berdiri pada 21 November 1950.

UIJ adalah kampus yang menggabungkan pendidikan dengan nilai-nilai Islam. Menyediakan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab.

Itulah beberapa Perguruan Tinggi di Jakarta Timur yang cukup terkenal dan memiliki reputasi yang bagus. Jadi, jika Anda sedang mencari tempat untuk mengembangkan potensi akademis dan profesional, jangan ragu untuk melirik ke arah timur ibu kota jakarta.

Baca Juga: Cari Referensi Tempat Kuliah? Berikut 10 Perguruan Tinggi di Sukabumi Terkini

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Novice